Home » » Doa Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Doa Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Doa Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Hari ini anda masih berada dalam suasana Lebaran. Barangkali anda akan melakukan banyak aktivitas har ini. Anda akan berkunjung kepada sanak saudara, teman dan kolega, teman sekampung di perantauan atau menuju ke tempat-tempat wisata. Baca juga Doa Rasulullah saw di Hari Terakhir Ramadhan Lengkap.

Ke manapun anda pergi maka jangan ada niat bermaksiat. Kalupun anda pergi ke Makkah tapi kalau bukan niat ibadah maka maksiat jadinya, dosa yang akan anda dapatkan. Namun meskipun anda pergi ke tempat wisata namun anda bisa menjaga mata dan hati tentu nilai plus akan anda dapatkan. Mengapa?

Karena yang anda tahu tempat-tempat wisata adalah tempat orang memuaskan hawa nafsu. Di situ berhimpun antara semangat hedonisme sebagai anak kandung materialisme, pamer kekayaan, penghamburan harta, ketelanjangan, perzinaan, mabukan, pandangan jelalatan, tangan iblis meraba-raba semua yang terjangkau, dan selalu ada percampuran yang nikmat antara laki-laki perempuan yang bukan istri atau suaminya. Akhirnya mata terpejam merasakan kenikmatan sementara malaikat telah bersiap dengan godamnya.

Sebisa mungkin tidak usah sering-sering datang ke tempat seperti itu. Bukankah ada taman surga yang lebih menyehatkan mata dan hati anda di dunia. Mengapa yang didatangi oleh anda malah tempat yang akan mengeruhkan hati dan membuat mata anda terus kehausan?

Doa Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Ke manapun anda pergi sebaiknya membaca doa. Diawali dengan beristikharah memohon petunjuk dan pilihan terbaik. Bila anda akan memilih sekolah harus beristikharah apalagi kalau ingin berwisata. Padahal yang satu tempat yang tidak berbahaya sementara yang kedua tempat yang banyak kemaksiatan di dalamnya.

Selanjutnya anda mesti bermusyawarah. Tanyakan kepada orang-orang yang hadir baik-buruknya, mintalah pandangan mereka. Bila kemudian tetap akan melangsungkan keberangkatan ke suatu lokasi maka siapkanlah pesan-pesan kepada yang ditinggalkan.

Ini doa bisa anda baca sebelum berangkat:

Doa Keluar Rumah


بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Doa Naik Kendaraan


سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

Doa Selama dalam Perjalanan


اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى 

وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى

 اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ 

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ

 اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ 

وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Doa Masuk Tempat Wisata dan Perkampungan

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّماَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ ، وَرَبَّ الأَرْضِيْنَ السَّبْعِ

 وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِيْنِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ

 أَسْأَلُكَ خَيْرَهَذِهِ القَرْيَةِ ، وَخَيْرَ أَهْلِهَا ، وَخَيْرَ مَا فِيْهَا

 وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَا ، وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ ماَ فِيْهَااَللَّهُمَّ رَبَّ السَّماَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ ، وَرَبَّ الأَرْضِيْنَ السَّبْعِ

 وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِيْنِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ

 أَسْأَلُكَ خَيْرَهَذِهِ القَرْيَةِ ، وَخَيْرَ أَهْلِهَا ، وَخَيْرَ مَا فِيْهَا

 وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَا ، وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ ماَ فِيْهَا

Itulah sejumlah doa penting yang mesti anda baca saat berwisata. Namun bukan berarti hanya doa-doa ini saja yang dibaca. Dzikir-dzikir lainnya juga sangat dianjurkan. Bacalah yang menurut anda mudah.

0 komentar:

Post a Comment