Home » » Doa Saat Pelepasan Alumni Sekolah Atau Pesantren

Doa Saat Pelepasan Alumni Sekolah Atau Pesantren

Dalam bulan-bulan ini terjadi banyak sekali acara pelepasan santr atau siswa. Acaera ini dikuhususkan untuk menandai berakhirnya amasa pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. etelah ini para santri atau siswa dipersilahkan untuk belajar di lembaga yang lain yang lebih tinggi lagi.

Untuk mengiringi pelepasan para santri dan siswa, biasanya diadakan acara musafahah yang selalu disisipi dengan beragam doa-doa dari dewan guru yang hadir. Intinya mendoakan para siswa dan santri yang akan meninggalkan lembaga tempatnya belajar selama ini.

Di anatar doa yang disusun para ulama dan bagus bila dibacakan dalam sebuah perhelatan atau acara pelepasan adalah doa sebagai berikut:

اَللهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هذَا جَمْعًا مَرْحُوْمًا، وَتَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُقًا مَعْصُوْمًا

"Ya Allah, jadikalah perkumpulan kami ini dirahmati, dan perpisahan kami setelahnya dijaga dari dosa"

Secara kata per kata doa ini sangat bagus dan baik sekali susunannya. Secara jelas doa ini mengharapkan dalam pertemuan tersebut ada rahnmat Allah yang turun. Tentunya ada beberapa hal yang harus dipenuhi syarat-syaratnya, antara lain:

  1. Pertemuan itu berisi ilmu, nasihat, dzikir kepada Allah dan bukan pertemuan yang di dalamnya ada kedurhakaan kepada Allah seperti menggunjing, melanggar ajarNya, memfitnah, mabuk-mabukan, dan perbuatan terlarang lainnya.
  2. Dalam majlis tersebut harus ada bacaan Al-Qur'an dan doa-doa. Karena sebaik-baik bacaan adalah dzikir dan sebaik-baik dzikir adalah membaca Al-Qur'an. 
  3. Perhelatan tersebut berisi ilmu yang diajarkan, petuah yang diperdengarkan, nasihat yang diberikan.
Bila hendak menumpahkan semua kebaikan alangkah baiknya billa membaca doa:


رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ


Selanjutnya untuk memperkuat bacaan doa di atas alangkah baiknya bila majlis ditutup dengan bacaan doa kifarat majlis. Karena doa pertama di atas berisi permohonan agar perpisahan setelah pertemua tersebut tidak mengundang dosa.

0 komentar:

Post a Comment