Home » » Doa Pendek Setelah Shalat Lima Waktu

Doa Pendek Setelah Shalat Lima Waktu

Berdoa setelah melaksanakan shalat fardhu termasuk doa yang paling didengar oleh Allah SAWT. Sebagaimana jawaban Rasulullah saw. saat ditanya tentang doa yang paling didengar. Rasulullah  saw. menjawab dengan dua penggalan kalimat "jaufa al-lail wa dubura kulli al-maktubah".

Dengan demikian kita harus memaksimalkan doa pada dua waktu tersebut. Di malam hari anda tidak boleh terlalu lelap hingga ketinggalan waktu terbaik untuk berdoa. Begitu pula menahan diri untuk tidak segera balik badan setelah shalat sebelum bisa menghabiskan doa-doa yang akan diajukan kepada Allah SWT.

Doa Pendek Setelah Shalat Lima Waktu
أملي الجنة
Dengan demikian, anda perlu membaca doa-doa yang mudah ducapkan. Berdoa dengan doa yang dibaca Rasulullah saw. memiliki keutamaan tersendiri. Beliau adalah orang yang berkata-kata berdasarkan wahyu dan jauh dari kepentingan hawa nafsu.

Inilah beberapa bait doa pendek dari Rasulullah saw. yang bisa anda baca seusai shalat lima waktu. Namun perlu pula diperhatikan bahwa doa-doa ini buanlah yang dikhususkan untuk dibaca setelah shalat saja namun juga di waktu-waktu yang lain.

Penasaran ingin segera melantunkannya? Silahkan ikuti daftar doa berikut ini:
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَأَلْحِقْنِيْ بِالرَّفِيْقِ الأَعْلَى (رواه البخاري)
Ya Allah ampunilah aku, sayangilah aku, dan sertakan aku beserta Ar-Rafiq Al-A'la
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ الَّذِيْنَ إِذَا أَحْسَنُوْا اِسْتَغْفَرُوْا وَإِذَا أَسَاؤُوْا اِسْتَغْفَرُوْا (رواه ابن ماجه عن عائشة)
Ya Allah, jadikalha aku orang yang apabila berbuat baik merasa bahagia dan bila berbuat buruk memohon ampun.
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ شَكُوْرًا وَاجْعَلْنِيْ صَبُوْرًا اجْعَلْنِيْ فِيْ عَيْنِيْ صَغِيْرًا وَفِيْ أَعْيُنِ النَّاسِ كَبِيْرًا (رواه البزّار عن بريدة)
Ya Allah jadikanlah aku orang yang selalu bersyukur, sabar, memandang kecil diri, dan jadikanlah aku besar dalam pandangan manusia.
اَللّهُمَّ لاَ عَيْشَ إِلاَّ عَيْشُ الآخِرَةِ (رواه البخاري)
Ya Allah tidak ada kehidupan kecuali kehidupan akhirat.
اَللّهُمَّ افْتَحْ مَسَامِعَ قَلْبِيْ لِذِكْرِكَ وَارزُقْنِيْ طَاعَتَكَ وَطَاعَةَ رَسُوْلِكَ وَعَمَلاً بِكِتَابِكَ (رواه الطبراني عن علي)
Ya Allah bukakanlah pendengaran-pendengaran hatiku untuk mengingatMu berikanlah rizki ketaatan kepadaMu dan ketaatan kepada RasulMu dan beramal dengan kitabMu.
اَللّهُمَّ اَغْنِنِيْ بِالْعِلْمِ وَزَيِّنِّيْ بِالْحِلْمِ وَأَكْرِمْنِيْ بِالتَّقْوَى وَجَمِّلْنِيْ بِالْعَافِيَةِ (رواه  ابن  النجّار عن ابن عمر)
Ya Allah kayakanlah aku dengan ilmu, hiasilah aku dengan kelembutan, muliakanlah aku dengan taqwa, perbaguslah aku dengan 'afiyah.
اَللّهُمَّ إِنِّيْ إَعُوْذُبِكَ مِنْ خَلِيْلٍ مَاكِرٍ، عَيْنَاهُ تَرَيَانِيْ وَقَلْبُهُ يَرْعَانِيْ إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا وَإِنْ رَأَى سَيِّئَةً أَدَاعَهَا (رواه  ابن  النجّار عن سعد بن سعيد المقبري مرسلا)
Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari teman yang memperdaya, kedua matanya melihatku sementara hatinya mencaciku. apabila ia melihat kebaikan menyembunyikannya, dan bila ia melihat kesalahan menyebarkannya. 
اَللّهُمَّارْحَمْ خُُلَفَائِيْ الَّذِيْنَ مِنْ بَعِدِيْ الَّذِيْنَ يَرْوُوْنَ أَحَادِيْثِيْ وَسُنَّتِيْ وَيُعَلِّمُوْنَهَاالنَّاسَ (رواه الطبراني عن علي)
Ya Allah kasihilah orang-orang setelahku yang menceritakan ucapan-ucapanku dan sunahku dan mengajarkannya kepada manusia.

0 komentar:

Post a Comment