Home » » Doa Ramadhan Hari Ke-20 Memohon Surga dan Dijauhkan dari Neraka

Doa Ramadhan Hari Ke-20 Memohon Surga dan Dijauhkan dari Neraka

Sepanjang bulan Ramadhan mat islam menghimpun kekuatannya untuk lebih dekat dengan Tuhannya. Segala jalan yang menuju ke arah pendekatan dan penyucian diri ditekuni satu persatu.

Termasuk ke dalam hal di atas adalah doa. Doa-doa yang diriwayatkan dari rasulullah SAW atau yang disusun para ulama dibaca tiap selesai shalat. Doa-doa shalat malam pun tidak ketinggalan. 

Dalam artikel ini kami cantumkan sebuah kalimat doa untuk hari ke - 20 Ramadhan. Sama dengan doa-doa ramadhan sebelumnya doa-doa ini bukanlah doa khusus yang ditentukan waktu membacanya.


Berikut ini adalah doanya;


اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجِنَانِ وَ أَغْلِقْ عَنِّيْ فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ يَا مُنْزِلَ السَّكِيْنَةِ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Allâhummaftah lî fîhi abwâbal jinâni wa agliq 'annî fîhi abwâban nîrân wa waffiqnî litilâwatil qur'âni yâ munzilas sakînata fî qulûbil mu'minîn

Artinya :
Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Al qur'an di bulan ini. Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin.

Seperti yang terlihat dari redaksi doa ini, setidaknya ada dua hal yang ingin diminta kepada allah dalam doa ini;

  • Memohon surga, permohonan ini bukanlah sesuatu yang hina bahkan ia teramat mulia. Jangan pula ada tuduhan bahwa orang beribadah mengharap surga adalah orang yang kurang sempurna keikhlasannya. bagian ini bersambung dengan bagian kedua,
  • Meminta dijauhkan dari neraka. Seperti yang pertama doa ini sangat mulia. Jangan sekali-kali mengatakan bahwa orang yang meminta surga kepada Allah adalah orang yang rasa takutnya kepada Allah ternodai. Justru takut kepada api neraka adalah bagian dari iman kepada Allah pemilik neraka it.
Demikian lah doa ini. Semoga harapan dalam doa kita dikabulkan Allah SWT. Amin. Sekarang silahkan membaca Doa Ramadhan untuk Hari Ke-21 Ramadhan.

0 komentar:

Post a Comment