Home » » DOA PERNIKAHAN PALING BENAR DARI SEMUA BUDAYA

DOA PERNIKAHAN PALING BENAR DARI SEMUA BUDAYA

Semua sepakat bahwa pernikahan adalah peristiwa besar dalam hidup seorang insan. Ia janji suci yang diucapkan bukan hanya antara dua orang anak manusia bamun juga komitmen yang kuat antara makhluk dan penciptanya.

Di semua budaya adanya pernikahan merupakan bagian inti budaya. Bahkan tampak pada acara pernikahan sebuah gambaran adat kebiasan yang muncul saling berbeda antara satu peradaban dengan yang lainnya.

Gambar: Abu Fahry

Doa Pernikahan Paling Singkat dan Benar
Sebagai pelengkap dalam pernikahan adalah ucapan-ucapan, doa-doa dan jampi-jampi mengiringi rangkaian ritualnya. Ia benar-benar dijunjung tinggi di semua adat dan budaya.

Ucapan Doa dan Selamat Pernikahan dalam Adat Sunda

Kami ini orang Sunda dan kami muslim, maka kami mengutip ucapan-ucapan yang sering terdengar dalam adat sunda bila sedang ada acara pernikahan. Dan biasanya juga saat dikabari ada yang akan menikah langsung didoakan. Begitula dalam budaya Indonesia baik sebelum, sedang, atau akan selalu ada doa buat pasangan pengantin.

Bunyinya kurang lebih ada yang seperti ini;
Sing panjang punjung, panjang jodona.
Sing lambat lambut ...

Ada lagi yang seperti ini;
Sing kacai jadi saleuwi
Ka darat jadi salogak
Sarengkak, saparipolah, sareundeuk, saigel, sabobot, sapihanean.

Begitulah dalam Budaya Sunda dan dalam budaya-budaya yang lain tentu memiliki ciri khas masing-masing. Biasanya doa-doa itu disusun indah dengan gaya bahasa yang tinggi bersayap dan penuh dengan kiasan yang terkadang orang-orang biasa terkagum-kagum mendengarnya.

Doa Pernikahan Paling Singkat dan Benar

Sebagai hadiah kepada sahabat semua terutama Kang Hamim jazili dan teh Sri Adi Jaya, juga buat ananda Nia Kurniasih dan kang Dona yang menikah beberapa saat yang lalu maka kami sampaikan doa singkat yang sahih dari Rasulullah SAW berikut ini; 

  بَارَكَ اللهُ لَكَ
وَبَارَكَ عَلَيْكَ
وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

 BAARAKALLAAHU LAKA
WABAARAKA 'ALAIKA
WAJAMA-'A BAINAKUMAA FII KHAIRIN

Doa ini hebat dan mengandung rahasia yang perlu diketahui banyak orang. Sependek-pendek doa pernikahan adalah doa ini. Setepat-tepat bacaan doa pernikahan adalah doa ini. Seluas-luas permintaan dalam pernikahan ada dalam doa ini Sehebat-hebat doa pernikahan adalah doa ini. Sesantun-santun doa pernikahan dalah doa ini.

Satu saja yang ingin kami sampaikan dari banyaknya rahasia kehebatan doa ini adalah tentang "berkah", "barakah", Barokah", atau "keberkahan". Para ulama menafsirkan paling tidak ada 5 makna dari keberkahan. Ada makna, kekuatan, kepastian, tumbuh, berkembang, dan kebahagiaan.

Itu semua akan didapatkan oleh orang yang berdoa dengan doa ini. Pengantin yang didoakannya akan memperoleh manfaat dengan doa ini. Bila ia ruuk maka kerukunannya sangat baik baginya. Bila pun suatu saat nanti ia harus berpisah maka perpisahannya pun mendapatkan kemudahan dan petunjuk Allah. Bahkan doa ini bermanfaat bagi yang membacanya karena mendoakan orang lain sama degan memohon turunnya banyak kebaikan untuk dirinya sendiri.

Demikian semoga ini bermanfaat dan diterima oleh Allah sebagai amal soleh.

0 komentar:

Post a Comment