Home » » WOW, ANDA WAJIB TAHU INI !!! DOA AKAN TIDUR YANG BELUM ANDA TAHU

WOW, ANDA WAJIB TAHU INI !!! DOA AKAN TIDUR YANG BELUM ANDA TAHU

Do'a dan Dikir 24 Jam - Banyak redaksi doa yang wajib kita hapalkan. Di antaranya Doa Al-Fatihah, Shalawat Atas Nabi, dan tentunya membaca Al-Qur'an. Membacanya sunah tapi mengamalkannya wajib. Itulah Al-Qur'an. 

Kehidupan dalam pandangan kebanyakan orang terangkum dalam bhasa hardolin. Istilah kerennya berkisar pada pangan, sandang dan papan. Betul namun sepertinya setiap peradaban memiliki pandangan lebih jauh dari ini. Sentuhan rohani membawa manusia terbang tinggi bersama jiwanya.

Baca Juga:

DAHSYAT !!! DENGAN MEMBACA DOA SAPU JAGAD HAJAT KEBUTUHAN TERPENUHI

LUAR BIASA !!! DENGAN MEMBACA DOA INI NABI MUSA MENDAPATKAN BANYAK KEBERKAHAN

WOW, ANDA WAJIB TAHU INI !!! DOA AKAN TIDUR YANG BELUM ANDA TAHU
WOW, ANDA WAJIB TAHU INI !!! DOA AKAN TIDUR YANG BELUM ANDA TAHU

Umat Islam diajarkan bahwa kita hidup punya tugas yaitu ibadah. Dan ibadah yang paling murni adalah doa. Sebelum ada syari'at yang Allah SWT perintahkan para Nabi untuk mengajarkan tata cara ibadah kepada-Nya dengan risalah ini, doa adalah yang pertama kali diilhamkan kepada diri manusia.

Atas petunjuk Allah SWT mansia bisa berdoa dan mengadu kepadanya langsung dari dalam hatinya meskipun bibirnya tertutup dan lisannya kelu. Ia adalah bentuk penghambaan yang paling sederhana dan mudah.

WOW, ANDA WAJIB TAHU INI !!! DOA AKAN TIDUR YANG BELUM ANDA TAHU
WOW, ANDA WAJIB TAHU INI !!! DOA AKAN TIDUR YANG BELUM ANDA TAHU

Islam tidak membiarkan umatnya sedetikpun lepas dari dzikir dan doa bahkan samapai ketika kesadarannya akan hilang sebagian. Tidur adalah kondisi yang menyerupai mati. Dan tidak ada jaminan ia kan kembali hidup setelah tidurnya.

Maka dari sini kita berdoa semoga Allah tidak mematikan kita secara mendadak disaat kita sedang melakukan kedurhakaan kepada-Nya. Kita mohon kepada Allah SWT mati khusnul khatimah dan mendapat rido-Nya.

Dengan ini Islam mengajarkan doa di setiap langkah dan gerak-gerik kita. Ada doa pagi dan petang, doa mohon keselamatan, doa memohon anak yang soleh, dan seterusnya. 

Dalam catatan ini kita mengetahu satu doa simpel dari Rasulullah yang dibaca sebelum tidur. Yaitu;

باسْمِكَ اللَّهُمَّ أحْيا وأمُوت

Agar catatan doa kita semakin bertambah maka malam nanti kita membaca doa sebelum tidur yang agak panjang. Misalnya do'a ini.

باسْمِكَ رَبي وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أرفعه، إن أمسكت نَفْسِي فارْحَمْها، وَإِنْ أرْسَلْتَها فاحْفَظْها بما تَحْفَظُ بِهِ عِبادَكَ الصَّالِحينَ
Bismika rabbi wadha’tu janbii, wabika arfa-‘uhu,
In amsakta nafsii farhamhaa,
wa in arsaltaha fahfazh-ha bima tahfazhu bihi ‘ibaadakas shaalihiin.

Dengan menyebut nama-Mu aku meletakan lambungku
dan dengan nama-Mu pula aku mengangkatny,
Apabila Engkau menahan ruku maka kasihanilah dia,
Dan bila Engkau melepaskannya maka peliharalah ia
Seperti Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.


Masih banyak doa sebelum tidur yang lainnya. Bila ingin lebih lengkap maka bisa disimak dalam Kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi rahimahullah ta'ala. Amin. Dalam kitab itu ada semua doa dalam ajaran Islam secara lengkap.

Semoga bermanfaat. Amin 

0 komentar:

Post a Comment