Home » » Wajib Baca !!! DOA SAAT HUJAN TURUN, MELIHAT KILAT, DAN MENDENGAR PETIR

Wajib Baca !!! DOA SAAT HUJAN TURUN, MELIHAT KILAT, DAN MENDENGAR PETIR

Do'a dan Dzikit 24 Jam - Saat artikel ini dilansir, tepat setelah selesai membaca Doa dan Dzikir Sore hujan mulai turun. Semakin lama hujan semakin deras disertai kilat dan suara guruh yang menakutkan dan memekakan telinga.

Para ulama mendapatkan kabar dari Rasulullah SAW bahwa saat hujan turun adalah saat terbaik untuk berdoa. Maka yang lagi bersedih berdoalah kepada Allah agar kesedihannya dihilangkan. Yang lagi gelisah berdoalah kepada Allah supaya ditiadakan kegelisahannya. Yang lagi ketakutan berdoalah kepada Allah agar dihilangkan ketakutannya. Yang lagi ingin lunas hutang berdoalah kepada Allah agar lunas hutangnya. Yang lagi ingin cepat hamil berdoalah kepada Allah agar cepat hamil. Yang lagi sakit berdoalah kepada allah agar segera disembuhkan dari sakitnya. Yang lagi ingin punya anak yang soleh berdoalah kepada Allah agar dikaruniai anak yang soleh. Yang ingin menikah berdoalah agar enteng jodoh dan mendapatkan pasangan yang baik. Yang ingin punya rumah berdoalah agar Allah memberinya rumah yang besar. Dan seterusnya.
 
Wajib Baca !!! DOA SAAT HUJAN TURUN, MELIHAT KILAT, DAN MENDENGAR PETIR


Bila hujan turun berdoalah sebanyak-banyaknya dan sesering-seringnya. Bisa juga kita membaca doa dari rasulullah saw. yang diajarkan kepada para sahabatnya. Kita bisa membaca doa ini;

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat

Sungguh benar Rasulullah SAW dengan sabdanya ini. Yang kita harapkan tentu bukanlah hujan yang mendatangkan bencana dan berita kematian. Hujan yang mendatangkan bahaya, membuat longsor, menjadi banjir, merusak rumah, sawah dan ladang. Yang kita inginkan adalh hujan yang airnya bisa langsung diminum, bila dipakai mandi tidak membuat gata-gatal, bila mengenai tanah membuat subur, diminum oleh ternak membuat ia gemuk, gajinya banyak, dagingnya dan susunya sehat.
Kita juga boleh membaca doa yang lain, tentu doa yang juga diajarkan oleh Rasulullah saw berikut ini; 

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ
 Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah

Dari redaksinya bacaan ini tidak seperti doa, bila kita perhatikan ia adalah pujian kepada Allah yang telah memberikan karunia berupa hujan. Namun bila dilihat dari penjelasan para ulama maka kita mengetahui bahwa doa itu tidak selalu menggunakan kata perintah. Dari sini Imam Ibnul Qayim dalam kitab Jalaulafham membagi bacaa-bacaan yang kita baca kepada beberapa bagian salah satunya adalah lafadz dzikir yang tidak ada permintaan di dalamnya namun masih tergolong doa. Contohnya lafadz Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar. Itu semua bentuknya pernyataan bukan pertanyaan atau permintaan.
Dengan ini dipersilahkan membaca Al-Qur'an sesering dan sebanyak mungkin karena itu adalah dzikir dan doa walaupun tidak semua ayatnya berbentuk dzikir dan doa. Namun saat kita membaca tentang kebaikan maka dalam hati kita sebenarnya sangat ingin kebaikan itu hingga kita membacanya berulang-ulang. Dan bila Allah swt menceritakan tentang sesuatu tidak Allah ridoi maka kita takut dan ingin dijauhkan darinya. Maka itu bagaikan orang yang senang pada seseorang ia akan berupaya untuk menyamakan apa yang disukainya dengan kesukaan orang yang disukainya.

Bila kiita melihat kilat yang menyambar dan menyilaukan mata maka kita membaca doa ini;

سُبْحَانَ مَنْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا
Maha Suci Dzat yang telah memperlihatkan kilat kepadamu agar kamu merasa takut dan berharap

Manusia yang mana yang sanggup melihat kilat tanpa berkedip apalagi ia menyambar jelas di depan mata, Semua orang merunduk, berlindung, dan menutup telinga karena sebentar lagi suara guruh yang menakutkan akan segera terdengar memekakan telinga. 

Berdoalah dengan doa yang lebih pendek bila yang di atas kepanjangan, seperti ucapan tasbih ini;

سُبْحَانَ الَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ
 Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya   

Doanya cukup pendek namun menandakan bahwa kita mengimani Allah swt. Sehingga dengan ini kita tidak menyebut yang lain sama sekali. Bila mersa kesulitan berdzikir saja dengan bacaan yang mudah bagi kita.

Selanjutnya bila kilat itu disertai suara petir yang bergemuruh maka kita baca lagi doanya, yang ini;

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ
 Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya
Sekarang doanya sudah lengkap. mari berdoa!!!

0 komentar:

Post a Comment