Home » » PENTING !!! INILAH DOA SAAT AKAN BEPERGIAN

PENTING !!! INILAH DOA SAAT AKAN BEPERGIAN

Do'a dan Dzikir 24 Jam - Al-hamdulillah, puji sykur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memperjalankan hamba-Nya dari amsjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha yang diberkati di sekelilingnya, untuk memperlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya, sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Travelling merupakan kegiatan yang disukai banyak orang. Bisa dikatakan aktifitas ini merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari fitrah manusia yang menyukai tantangan, hal baru, dan pengetahuan baru.

أملي mengunggah gambar cantik ini;
 
PENTING !!! INILAH DOA SAAT AKAN BEPERGIAN
PENTING !!! INILAH DOA SAAT AKAN BEPERGIAN

Dalam travelling ada banyak kemanfaatan. Islam mengajarkan etika sesaat sebelum, sedang, dan akan bepergian dengan kemasan yang indah. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah doa.

Dalam catatan ini kami mencatat sebuah doa yang diajarkan Rasulullah SAW saat beliau akan bepergian. Tentu doa bepergian atau doa keselamatan dalam perjalanan ini sangat banyak. Kita bisa membacanya secara bergantian. Ini bisa didapatkan bila kita membaca buku doa-doa yang lengkap, seperti kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi.

Kita boleh membaca doa berikut ini;

 اللَّهُمَّ بِكَ أسْتَعِينُ، وَعَلَيْكَ أتَوَكَّلُ، اللَّهُمَّ ذَلِّلْ لي صعُوبَةَ أمْرِي، وَسَهِّلْ عَليَّ مَشَقَّةَ سَفَرِي، وَارْزُقْنِي مِنَ الخَيْرِ أكْثَرَ مِمَّا أطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبّ اشْرَحْ لي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أمْرِي، اللَّهُمَّ إني أسْتَحْفِظُكَ وأسْتَوْدِعُكَ نَفْسِي وَدِينِي وأهْلِي وأقارِبي وكُلَّ ما أنْعَمْتَ عَليَّ وَعَليْهِمْ بِهِ مِنْ آخِرَةٍ وَدُنْيا، فاحْفَظْنَا أجمعَينَ مِنْ كُلّ سُوءٍ يا كَرِيمُ

Ya Allah hanya kepadamu kami memohon pertolongan, hanya kepada-Mu kami bertawakal. Ya allah mudahkan lah kesulitan urusanku, gampangkan lah bagiku kelelahan dalam perjalananku, berikanlah kepadaku rizki dari kebaikan-Mu lebih banyak dari yang aku cari, palingkan lah aku dari semua keburukan. Wahai Tuhanku lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku. Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadamu dan menitipkan diriku kepadamu, agamaku, keluargaku, kerabat-kerabatku, dan semua yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada mereka dari akhirat dan dunia, maka pelihara lah kami semua dari segala keburukan, wahai dzat yang maha mulia.

Itulah doa bepergian yang sangat istimewa. di dalam doa ini kita menyatakan diri bahwa kita sangat mengandalkan dan berharap kepada Allah SWT. Adapun yang kita lakukan dalam ikhtiar sama sekali tidak menguragi arti tawakal kepada-Nya.

Dalam ini juga kita mohon kemudahan, kebugaran, kebaikan rizki, dan berlindung kepada-Nya dari segala keburukan dan kejahatan. Dalam doa ini pula kita menyatakan bahwa kita benar-benar menyerahkan diri kita seutuhnya.

 Demikian catatan ini. Semoga bermanfaat. Amin.

0 komentar:

Post a Comment