Home » » Kenapa Kamu Harus Sekolah

Kenapa Kamu Harus Sekolah

Kenapa Kamu Harus Sekolah - Pertanyaan yang terkadang ditanyakan terkadang enggak. Kalau pun ada yang menjawab seringnya tidak menyelesaikan persoalan. Malah akan mengundang pertanyaan berikutnya.

Apakah dengan bersekolah supaya kita berilmu? Sudah maklum bahwa ilmu bukan hanya ada di sekolah. Bahkan semesta ini adalah objek ilmu. Semua harus menjadi bahan renungan, tafakku, observasi, dan penelitian.

لَقَدْ لَقِيْنَا مِنْ سَفَرِنَا هذَا نَصَبًا

Di sekolah diajarkan ilmu pengetahuan yang berdisiplin. Apa artinya? Semua engetahuan telah memiliki metode, manhaj, dan penjelasan masing-masing. Dalam hal ini ilmu memilki kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan ilmu yang lain. Meskipun begitu ilmu itu saling berkaitan dan bisa dimanfaatkan.


Ilmu yang ada di sekolah belum merupakan keseluruhan pengetahuan di alam semesta ini. Karena alam ini begitu luas dan manusia adalah makhluk yang memilki keterbatasan meski dari awak hingga akhir nanti manusia terus menemukan hal baru dan ilmu baru.

Kalau ilmu bisa diapatkan di luar sekolah lalu kenapa harus sekolah? Bukankah di luar sana banyak yang mengajarkan ilmu juga yang kesuksesannya terkenal sampai negeri-negeri yang jauh. Lalu berapa lama kah kita harus sekolah kalau memang sekolah itu perlu. Bila dulu satu kali ketemu Rasulullah saw orang sudah bisa berdakwah lantas apa yang menghalangi manusia zaman sekarang untuk bisa melakukan yang seperti itu sekarang?

Semua sangat berkaitan dengan banyak faktor. Dulu gurunya siapa dan muridnya siapa. Gurunya bernama Nabi Muhammad dan muridnya adalah Abu Bakar, Umar, Utsan, ali dan ribuan nama yang lain yang kualitas dirinya tidak perlu diragukan.

Bagaiman dengan sekarang. Sekarang gurunya seperti apa dan muridnya seperti apa. Gurunya seperti saya misalnya tentu keberhasilannya dipertanyakan. Namun kalau muridnya seperti anda yang cerdas dan baik tentu masih banyak harapan. Guru bisa jadi murid dari muridnya, dan murid bisa menjadi guru dari gurunya.

Apakah dengan sekolah bisa menjadi cerdas? Kemungkinan untuk itu sangat besar. Aturan disiplin dan sistem pembelajaran sangat memungkinkan untuk sampai ke arah itu. Bkankah penemuan pada zaman sekarang lebih terstruktur dan terdisiplin oleh orang-orang yang ada di sekolah-sekolah. Tentu catatannya, yang jadi guru dan muridnya seperti apa. Kalau iklimnya seperti zaman Nabi dan sahabatnya atau mendekati atau menaladi kurikulum dan sistem pendidikan Nabi, maka kemungkina berhasil menghasilkan ilmuwan tentu lebih besar. Namun bila sebaliknya, maka hasilnya pun kontra produktif.

Apakah orang bersekolah itu supaya kaya? Kemungkinan untuk itu sangat besar. sesuai sunatullah maka siapa yang bekerja keras maka ia akan mendapatkan hasilnya. Lalu apa hubungannya dengan sekolah. Apakah sekolah bisa membut orang jadi kaya? Bisa jadi. Untuk menuju kekayaan tidak perlu sekolah juga bisa, bukan kah begitu. Bukan kah orang zaman dulu yang kaya atau zaman sekarang juga tidak mesti harus sekolah. Dan menurut kebanyakan fakta bahwa yang kelamaan sekolah atau meengaja hidupnya tidak begitu sangat kaya. apakah begitu. Paling banter cuma begitu-begitu saja. Punya mobil dan motor sudah mendingan dan keren.

Semua jawaban tepatnya unek-unek itu sangat mungkin dikemukakan. Maka kembali ke pertanyaan itu seperti tidak mendapatkan jawaban yang jelas. Sekolah untuk kaya sangat memungkinkan. Banyak orang kaya karena tahu ilmu tentang cara mendapatkan kekayaan dan ia bekerja keras, dan ia menjadi kaya. Telah banyak berdiri sekolah-sekolah yang bisa mencetak orang kaya-orang kaya dengan ilmu bisnisnya dan ilmu-ilmu lainnya.

Siahkan sahabat lanjutkan ... Menurut anda sekolah itu seperti apa? Share di kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment