Home » » INILAH BACAAN DOA PADA SHALAT JENAZAH

INILAH BACAAN DOA PADA SHALAT JENAZAH

Do'a dan Dzikir 24 Jam - Melaksanakan shalat jenazah dihukumi sebagai fardhu kifaya. Bila ada di antara penduduk yang telah melaksanakannya maka kewajiban bagi yang lain telah tercukupi.

Pelaksanaan Shalat Jenazah berbeda dengan shalat fardhu. Yang paling terlihat adalah tidak adanya ruku dan sujud serta tasyahud dalam shalat ini.

Adapun bacaannya tentu berbeda meskipun ada juga yang sama.  Perbedaan ada pada bacan pada takbir ke tiga dan keempat.

الصورة من: أملي الجنة
INILAH BACAAN DOA PADA SHALAT JENAZAH

Pelaksanaan Shalat Jenazah dilakukan dengan cara berdiri dengan empat kali takbir. Setelah takbir pertama bacaannya adalah Surat Al-Fatihah. Setelah takbir kedua membaca Shalawat atas Nabi. Setelah takbir ketiga dan keempat membaca doa.

Inilah selengkapnya;

Inilah Bacaan Niat 
Shalat Jenazah Laki-laki

اُصَلِّي علي هذا الَميّتِ ِلله تعالي


Ushallii 'alaa haadzal mayyiti lillaahi ta'aala

Aku niat menshalatkan mayyit ini, karena Allah Ta'aala
 
 
Inilah Bacaan Niat
Shalat Jenazah Perempuan


اُصَلِّي علي هذه الَميّتَةِ ِلله تعالي


Ushallii 'alaa haadzihil mayyitati lillaahi ta'aala

Aku niat menshalatkan mayyit ini, karena Allah Ta'aala


BACAAN DOA
PADA TAKBIR PERTAMA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
 الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
 مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ 
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ


BACAAN DOA
PADA TAKBIRKEDUA

أللهم صَلِّ علي محمد وعلي ألِ محمد كما صَلَيْتَ علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم وبارِكْ علي محمد وعلي أل محمد كما باركت علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد


Allaahumma shalli 'alaa  muhammadin, wa 'alaa aali  muhammadin, kamaa shallaita 'alaa ibraahiima, wa 'alaa aali  ibraahiima. Wa baarik 'alaa  muhammadin, wa 'alaa aali  muhammadin, kamaa baarakta 'alaa ibraahiima, wa 'alaa aali  ibraahiima.  Fil 'aalamiina innaka hamiidum majiid.

“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

BACAAN DOA
PADA TAKBIR KETIGA

اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه وأَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدخلَهُ واغْسِلْهُ بِماءٍ وثَلْج وبَرَدٍ ونَقِهِ من الخَطايا كما يُنَقَي الثَوبُ الأَبْيَضُ مِنِ الدَنَسِ وأَبْدِلْهُ دارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأَهْلًا خَيْراً من أهلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِن زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وعَذَابَ النارِ

Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa 'aafihi, wa'fu 'anhu, wa akrim nuzuulahu, wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabannaar.

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia,  ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan isri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

BACAAN DOA
PADA TAKBIR KEEMPAT
 

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ


Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu, walaa taftinnaa ba'dah

Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.


Inilah Bacaan Salam

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

"Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua"

Hanya sedikit ini yang kami ketahui. Semoga Allah SWT memberikan tambahan pemahaman khusus kepada penulis dan umumnya bagi kaum muslimin. Amin

0 komentar:

Post a Comment