Home » » EXTRAORDINARY !!! MEMOHON AKHLAK TERPUJI DENGAN DOA BERCERMIN

EXTRAORDINARY !!! MEMOHON AKHLAK TERPUJI DENGAN DOA BERCERMIN

Do'a dan Dzikir 24 Jam - Tulisan ini merupakan kesan kami terhadap doa saat bercermin yang luar biasa. Dalam doa-doa yang diajarkan Nabi SAW kita dibawa ke puncak yang lebih tinggi terbang melebihi kehidupan lahiriah.

Ajaran-ajaran Islam memiliki daya guna yang nyata dalam kehidupan. Ajarannya dibangun di atas pondasi argumentasi ilmiah yang solid. Dan ia pun mengajrkan umat manusia bahwa keyakinan itu berawal dari pengetahuan yang rasional.

Secara ilmiah terbukti bahwa ajaran-ajaran Islam memilki manfaat yang sekarang terus dibuktikan dalam dunia modern. Namun begitu ajaran-ajaran Islam itu merujuk pada pembentukan manusia yang bertaqwa.

Dengan ini Islam tidak melewatkan satu sisi kehidupan kosong dari ajaran-ajaran luhur. Ia akan mengisinya dan menghiasinya dengan sangat indah. Maka bagi siapapun yang membuka hati dan pikirannya akan menemukan kesan itu.

EXTRAORDINARY !!! MEMOHON AKHLAK TERPUJI DENGAN DOA BERCERMIN
EXTRAORDINARY !!! MEMOHON AKHLAK TERPUJI DENGAN DOA BERCERMIN

Bukan Sekedar Bercermin 

اَللهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allaahumma kama hassanta khalqii fahassin khuluqii

Duhai Allah, perbaikilah akhlaq kami 
sebagaimana Engkau telah memperbaiki susunan tubuhku  
Manusia tidak bisa melihat wajahnya sendiri. Ia membutuhkan cermin untuk melihatnya. Dalam rangka memperbaiki penampilannya dan mengetahui kepatutan dirinya maka ia bercermin. Dengan bercermin ia kan tahu kekurangan dirinya.

Bercermin secara lebih luas berarti belajar kepada orang lain. Kita bandingkan diri ini dengan diri orang lain. Maka bila ada sesautu yang tidak pantas pada cermin itu maka dengan sigap kita memperbaiki diri kita. 

Ternyata Rasulullah mengajarkan kita bercermin dengan maksud agar Allah SWT memperbaiki akhlaq kita seperti ia telah memperindah dan menyeimbangkan tubuh kita secara adil hingga pantas bila dilihat.

Bercermin Supaya Berakhlaq Baik

Dalam ajaran Islam akhlaq adalah hal yang sangat penting. Bahkan Rasulullah SAW menyatakan bahwa beliau diutus untuk menyempurnakan akhlaq. Maka ajaran Islam seluruhnya merupakan ajaran tentang akhlaq.

Bercermin sebagai aktifitas yang termasuk fitrah manusia harus disertai dengan akhlaq. Manuia suka mengagumi dirinya, kecerdasannya, penapilannya, dan apapun yang ada padanya. 

Rasa bangga terhadap diri perlu kita waspadai. Karena tahapan ni adalah tahapan menuju sifat 'ujub. Bila disertai dengan merendahkan orang lain dan menolak kebenaran maka ia menyandang sifat takabbur. Bila lebih akut hingga menyangka dirinya sanggup menghidupkan dan mematikan orang dan punya kekuasaan penuh untuk menghukum mati maka ia menyandang sifat musyrik.

Dahulu kala, kaum luth baik pria maupun wanita sangat mengagungkan penampilan. Hingga mereka mengagumi dirinya sendiri. Hingga akhirnya mereka saling melakukan hubungan sesama jenis dengan orang yang wajahnya mereka kagumi.

Maka dengan ini membaca doa saat bercermin merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Bedoa untuk memperbaiki akhlaq merupakan kewajiban. 

Doa Memohon Akhlaq yang Baik

Memanjatkan doa yang secara khusus meminta akhlaq yang baik tidak boleh dilewatkan saat kita berdoa. Rasulullah SAW yang akhlaqnya begitu indahnya masih terus meminta ini. Maka apalagi kita. 

Tekunilah membaca do'a ini;

اللهمّ إنّي أعوذ بك من منكرات الأخلاق والأعمال والأهواء
Allaahumma inni a'udzubika
min munkaraatil akhlaaq wal a'maal wal ahwaa

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu
dari akhlaq, perbuatan, dan keinginan yang munkar



اللهمّ إنّي أعوذ بك من الخيانة فإنها بئست البطانة
Allaahumma inni a'uudzubika
minal khiaanati fainnaha bi-satil bitaanah

Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-mu dari khianat
karena khianat adalah seburuk-buruknya kawan     


اللهم ألهمني رشدي وأعذني من شرّ نفسي
Allaahumma alhimnii rusydii wa-a'idznii min syarri nafsii

Ya Allah, berikanlah ilham untuk menunjukiku
dan lindungilah kami dari kejahatan diri kami

   
اللهمّ إنّي أعوذ بك من الشقاق والنفاق وسوؤ الأخلاق 
Allaahumma inni a'uudzubika 
minasy syiqaaqi wannifaaqi wasuu-il akhlaaq

Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadamu dari perpecahan dan kemunafikan serta dari akhlaq yang buruk

 Semoga Allah mengabulkan permohonan kita dan memperbaiki diri kita. Amin   

0 komentar:

Post a Comment