Home » » Do'a Setelah Shalat Fardhu Singkat

Do'a Setelah Shalat Fardhu Singkat

Do'a Setelah Shalat Fardhu Singkat - Do'a setelah shalat fardhu nabi Muhammad sebenarnya cukup singkat. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja kita sudah bisa membacanya secara lengkap. Bila kita sudah terbiasa memabacanya tidak akan terasa lama.

Memng bacaan dzikir dan do'a setelah melaksanakn shalat fardhu harus kita upayakan untuk melaksanaknnya. Karena saat-saat ini adalah waktu yang mustajab unuk berdo'a. Apalagi do'a sehabis melaksanakan shalat maghrib dan shalat shubuh terutama shubuh jum'at. Hal itu dikarenakan ada keterangan Rasulullah saw yang menginformasikan keistimewaan melaksanakan do'a dan dzikir pada waktu-waktu tersebut.

Do'a Setelah Shalat Fardhu Singkat
Do'a Setelah Shalat Fardhu Singkat
Image: أملي الجنة G+
Namun saat ada keperluan mendesak yang harus segera maka kita mengupayakan teap melaksanakan do'a dan dzikir setelah shalat fardhu dengan bacaan dzikir dan do'a setelah shalat fardhu secara singkat. Kita juga harus mengupayakan membacanya bila ada kesempatan, seperti sambil berjalan atau saat duduk di dalam kendaraan.

Sekurang-kurangnya do'a dan dzikir singkat setelah shalat shalat wajib menghimpun do'a do'a nabi Muhammad setelah shalat fardhu. Di antara dzikir dan do'a itu adalah sebagai berikut;


اسْتَغْفِرُ اللَّهَ، أسْتَغْفِرُ اللَّهَ
لا إلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَريكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ على كُلّ شئ قَدِيرٌ
اللَّهُمَّ أنْتَ السَّلامُ وَمِنْكَ السَّلامُ، تَبارَكْتَ يا ذَا الجَلالِ وَالإِكْرامِ
اللَّهُمَّ لا مانِعَ لِمَا أعْطَيْتَ، وَلاَ معطي لما مَنَعْتَ، وَلا يَنْفَعُ ذا الجد مِنْكَ الجَدّ
سُبْحَانَ اللهِ 33
اَلْحَمْدُ لِلهِ 33
اَللهُ أَكْبَرُ 33
لا إله إلا الله وحده لا شَريكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ على كُلّ شئ قَدِيرٌ
للَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ . كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ اِبْرَاهِيْمَ . وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى. آلِ مُحَمَّدٍ . كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى إِبْرَاهِيْمَ
للَّهُمَّ أعِنِّي على ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبادَتِكَ


Itulah Dzikir dan Do'a Selepas Shalat Fardhu singkat sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. Namun bila kita telah selesai melaksanakan kegiatan kita, maka kita bisa membacanya ketika melaksanakan shalat Dhuha atas saat senggang.

Dan bila kita sudah tidak sibuk dan  situasi telah kembali normal maka kita harus mengupayakan dzikir dan do'a setelah shalat fardhu secara lengkap, baik do'a setelah shalat shubuh dan maghrib. Tidak ketinggalan pula membaca dzikir pagi dan petang.

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment