Home » » Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw. Terpopuler

Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw. Terpopuler

Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw. Terpopuler -Rasulullah saw adalah manusia paling fasih di dunia dari dulu, sekarang, dan nanti. Ungkapannya begitu mempesona. Siapapun yang mendengarkan pembicaraannya maka ia akan dilanda kerinduan. Ucapannya begitu manis.

Bila kita mencari-cari jawabannya tentu banyak sebanyak kata yang bisa kita ucapkan untuk menggambarkan kemuliaannya. Namun kita bisa sebutkan satu atau beberapa saja. Memang untuk menjawab sesuatu yang penting perlu orang yang ahli. Apalagi tentang seseorang yang istimewa. Pujian kita untuk rasulullah saw. Tidak begitu cukup memadai. Bagaikan seorang yang tidak pernah menjadi seorang presiden mengomentari seorang presiden. Sehebat apapun komentarnya tetap saja kurang karena ia sendiri tidak menjadi presiden.

Namun itu bukan berarti kita berhenti untuk memuji. Biarlah kita wakilkan pujian untuknya kepada Tuhannya. Karena Dia telah memujinya dengan pujian yang sangat memuaskan. Ia memuji nabi Muhammad saw dengan pujian yang sangat efektif dan tepat.

Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw. Terpopuler
Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw. Terpopuler

Rasulullah saw adalah orang yang efektif dan efisien dalam ungkapannya. Ia dididik oleh Allah swt.. dengan pendidikan yang istimewa. Ia anak yatim sejak dalam kandungan, beberapa tahun dalam asuhan ibundanya lantas ia piatu, diasuh oleh kakeknya dan kemudian wafat. Lantas ia berada dalam keluarga pamannya lalu tidak lama ia pun meninggal. Saat kecil pun ia harus jauh dari ibundanya, berada di perkampungan yang masih jernih dari polusi syirik dan jahiliah kota Makkah. Semua itu penuh hikmah. Allah swt lah yang mendidiknya. Maka, bagaiama ia tidak fasih bila Allah sendiri yang mendidiknya. Ia orang paling jujur karena Allah swt Maha Tahu bahwa hatinya paling putih di antara seluruh manusia.

Ia yang di asuh di bawah wahyu dan naungan Al-Qur’an. Itulah kalam terbaik. Setiap saat ia berdzikir dan membaca Al-Qur’an bahkan akhlaqnya adalah Al-Qur’an. Al-qur’an adalah kalam terbaik dan paling fasih dengan tidak ada yang batil di dalamnya. Maka bila begitu, bagaiman tidak ia fasih, karena Al-Qur’an yang mengajarkannya. Manusia terpengaruh dengan siapa ia bergaul. Maka bergaul dengan Al-Qur’an Nabi Muhammad saw kefasihannya tidak tetandingi. Maka renungkanlah dengan siapa kita banyak bergaul.

Nabi Muhammad adalah orang yang paling mengena pembicaraannya. Ia mampu berbicara dengan ungkapan singkat namun maknanya mendalam. Bukan hanya mendalam namun bermanfaat dan membuat orang yang membuka hatinya akan tersadar.

Itulah Rasulullah saw., -wallahu a’lam – Maka diantara kefasihan berbahasa ada dalam ungkapan-ungkapan beliau dalam berdo’a. Ada banyak do’a Rasulullah saw. Para ulama telah mencatatnya dalam ribuan kitab yang ada dari dulu hingga sekarang.

Saking banyaknya para ulama telah membaginya dalam bab-nan yang sangat banyak. Coba kita lihat kitab Al-adzkar karya Imam Nawawi. Disana kita bisa menyimak keindahan lantnan do’a Rasulullah dalam bab-bab bahasan yang sangat banyak.

Yang umum kita ketahu mmisalnya doa sehari-hari, misalnya do’a sebelum tidur, do’a setelah tidur, do’a sebelum makan, do’a-doa shalat, do’a setelah shalat fardhu, do’a pagi dan petang, dan banyak lagi yang lain.

Di antara do’a popular yang sering kali diajarkan oleh para orang tua kita adalah do’a sebelum tidur. Saya sangat terharu dan tercengang saat membaca ulasan do’a-do’a sebelum tidur ini. Dalam kitab Al-Adzkaar yang tadi disebutkan tidak kurang dari 40 lebih keterangan tentang ini. Saya sendiri meringkasnya menjadi 25 sudah kelelahan mencatatnya. Do’a sebelum bangun tidur yang lengkap dipastikan bagi kebanyakan kita banyak yang tidak tahu.

Saya cukup merasa heran dan merasa heran dengan diri saya sendiri saat membaca satu do’a sebelum bangun tidur yang hamper mirip dengan do’a setelah makan atau minum yang cukup popular dalam masyarakat.

Berkaitan dengan keistimewaan ungkapan Rasulullah swt yang singkat, padat, dan bermakna dapat kita lihat dalam do’a sebelum bangun tidur berikut ini yang popular, mari kita menyimaknya dan rasakan keindahannya;

باسْمِكَ اللَّهُمَّ أحْيا وأمُوت
Bismikallaahumma ahyaa wa-amuut.
Dengan menyebut nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati.

اللَّهُمَّ قِني عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبادَكَ
Allaahumma qinii ‘adzaabaka yauma tab’atsu ‘ibaadaka
Ya Allah peliharalah aku dari siksa-Mu saat hamba-hamba-Mu dihidupkan kembali


باسْمِكَ رَبي وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أرفعه، إن أمسكت نَفْسِي فارْحَمْها، وَإِنْ أرْسَلْتَها فاحْفَظْها بما تَحْفَظُ بِهِ عِبادَكَ الصَّالِحينَ
Bismika rabbi wadha’tu janbii, wabika arfa-‘uhu,
In amsakta nafsii farhamhaa,
wa in arsaltaha fahfazh-ha bima tahfazhu bihi ‘ibaadakas shaalihiin.

Dengan menyebut nama-Mu aku meletakan lambungku
dan dengan nama-Mu pula aku mengangkatny,
Apabila Engkau menahan ruku maka kasihanilah dia,
Dan bila Engkau melepaskannya maka peliharalah ia
Seperti Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.

اللَّهُمَّ أسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أمْرِي إِلَيْكَ، وَألجأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةَ وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لا ملجأ وَلا منجا مِنْكَ إِلاَّ إِليْكَ، آمَنْتُ بِكِتابِكَ الَّذي أنْزَلْتَ، وَنَبِيِّكَ الَّذي أَرْسَلْتَ

Allahumma aslamtu nafsii ilaika, wafawwadhtu amrii ilaika, wa-alja-tu zhahrii ilaika, raghbatan warahbatan ilaika, laa malja-a walaa manjaa minka illaa ilaika, aamantu bikitaabikal ladzii anzalta, wanabiyyikal ladzii arsalta,

Ya Allah aku serahkan diri, persoalan, dan punggung kepada-Mu, dengan harap dan takut kepada-Mu, tidak ada pengungsian dan keselamatan dari adzab-Mu selaindari-Mu, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah engkau turunkan, dan beriman kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.


الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي أطْعَمَنا وَسَقَانا وكَفانا وآوَانا، فَكَمْ مِمَّنْ لا كافِيَ لَهُ، وَلا مُؤْوِيَ
Alhamdulillaahil ladzii ath-‘amanaa wasaqaanaa wakafaanaa wa-aawaanaa, fakam mimman laa kaafia lahu, walaa mu’wia.

Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan, minuman, kecukupan, dan naungan. Betapa banyak orang yang tidak punya yang mencukupi dan tempat bernaung.

Itulah lima do’a sebelum tidur singkat yang dilengkapi dengan tulisan latin, dan terjemahnya. Untuk memdapatkan dalilnya secara lengakap maka bisa langsung membaca kita Al-Adzkar. Di dalam kitab itu kita bisa mendapatkan Do’a Sebelum tiduy yang lengkap dengan dalilnya.

Untuk kita sebagai muslim maka sebaiknya bisa menghapal do’a-do’a sebelum tidur singkat. Kita harus mengagendakan bisa menggilir do’a-do’a itu. Atau kita bisa membuat catatan do’a sebelum tidur bahasa Arab, Do’a sebelum tidur latin, do’a sebelum tidur yang popular, Do’a sebelum tidur yang jarang dibaca orang, Do’a sebelum tidur Muhammad saw. Dengan artinya, dan semacamnya.

Semoga ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment