Home » » Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw yang Populer

Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw yang Populer

Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw yang Populer -Sudah menjadi kenyataan bahwa ada di antara ajaran agama Islam itu dianggap tidak popular. Ia hanya terkenal di kalangan tertentu yang mengkaji agama secara intensif dengan guru dan tempat yang mendukung untuk itu. 

Sahabat saya tertegun membaca kitab Al-Adzkar yang berusaha saya baca. Dengan pengetahuan berbahas Arab yang terbatas saya berupaya memahami. Sahabat, ingin menangis saya jadinya. Untuk satu baris saja saya harus bolak-balik membuka kamus Prof Mahmud Yunus yang sudah lusuh itu. Membacanya saja sudah kesulitan apalagi berupaya memahami maknanya begitu tidak mudah. Maka maha suci Allah swt yang telah menganugerahkan ketajaman matahati, rasa, pikiran, dan iman, kepada para ulama itu.




Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw yang Populer
Do’a Sebelum Tidur Nabi Muhammad saw yang Populer

Kita tinggal mengamalkannya. Kita tinggal berupaya membaca dan memahaminya. 


Di antara hal yang banyak orang tidak tahu adalah do’a-do’a sebelum tidur. Bacaan do’anya sangat melimpah. Ada do’a yang singkat, ada yang panjang. Kebanyakan do’a sebelum tidur itu kebanyakannya belum kita (saya) hapalkan.


Namun begitu Alhamdulillah telah sampai kepada kita do’a sebelum tidur yang singkat hingga sangat popular. Meski begitu kita belum tahu, dari Nabi hingga sampai kepada kita sekarang, umumnya kita tidak tahu siapa yang meriwayatkannya.


Inilah do’a sebelum tidur yang popular dan singkat itu;
باسْمِكَ اللَّهُمَّ أحْيا وأمُوت
Bismikallaahumma ahyaa wa-amuut.
Dengan menyebut nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati.

Do’a ini berdasarkan pada hadits berikut ini;
وروينا في " صحيح البخاري " رحمه الله، من رواية حذيفة، وأبي ذرّ رضي الله عنهما، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان إذا أوى إلى فراشه قال: باسْمِكَ اللَّهُمَّ أحْيا وأمُوت
Inilah do’anya. Kita semua hapal. Dan untuk menambah perbendaharaan kita akan do’a sebelum tidur mari kita hapalkan kembali do’a sebelum tidur yang lainnya. Insya Allah barakah.
باسْمِكَ رَبي وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أرفعه، إن أمسكت نَفْسِي فارْحَمْها، وَإِنْ أرْسَلْتَها فاحْفَظْها بما تَحْفَظُ بِهِ عِبادَكَ الصَّالِحينَ
اللَّهُمَّ أسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أمْرِي إِلَيْكَ، وَألجأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةَ وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لا ملجأ وَلا منجا مِنْكَ إِلاَّ إِليْكَ، آمَنْتُ بِكِتابِكَ الَّذي أنْزَلْتَ، وَنَبِيِّكَ الَّذي أَرْسَلْتَ
اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ وَرَبَّ الأرْضِ وَرَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ، رَبَّنا ورب كل شئ، فالِقَ الحَبّ وَالنَّوَى، مُنَزِّل التَّوْرَاةِ وَالإِنجِيلِ وَالقُرآنِ، أعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ كُلّ ذِي شَرٍّ أنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ، أنْتَ الأوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شئ، وأنْتَ الآخِرُ فَلَيْسَ بعدك شئ، وأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فوقك شئ، وأنْتَ الباطِنُ فَلَيْسَ دونك شئ، اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ، وأغْنِنا مِنَ الفَقْرِ


Inilah tiga do’a sebelum tidur yang bisa kita baca menyelingi bacaan do’a sebelum tidur yang sudah kita hapal sebelum ini.
Semoga ini bermanfaat.
Amin.

0 komentar:

Post a Comment