Home » » DO'A NAIK PESAWAT TERBANG

DO'A NAIK PESAWAT TERBANG

DO'A NAIK PESWAT TERBANG -  Saat tulisan ini akan diluncurkan, terjadi tabrakan pesawat Batik Air dengan pesawat transnusa di Bandara Halim Perdanakusuma. Peristiwa ini berlangsung pada hari senin, 4 April jam 20.30.

Menurut ahli dalam bidang ini menyebutkan bahwa kejadian ini bisa terjadi karena beberpa kemungkinan. Dan kemungkin terbesar adalah ada kesalahan dari manusianya itu sendiri atau biasa disebut human error

Peristiwa ini pun akibat kurangnya kordinasi antara ATC dan awak kabin pesawat. Karena apapu yang terjadi harus ada pemberitahuan dari ATC seperti kapan harus menghidupkan mesin.

Adapun yang berkaitan dengan kapasitas bandara yang disinggung beberapa pihak sebagai bandara yang tidak layak dan over capacity, maka itu sesungguhnya Bandara Halim telah tersertifikasi secara international sebagai bandara yang layak untuk beroperasi. Dan memang sebelumnya Bandara ini telah mengoperasikan penerbangan VVAIP, operasi TNI AU, dan sekolah penerbangan.

DO'A NAIK PESAWAT TERBANG
DO'A NAIK PESAWAT TERBANG
===============================================================
Berdo'a adalah aktifitas yang harus menjadi pembuka sebelum melaksanakan suatu kegiatan, dan kemudian saat melakukan dan sesudahnya kita harus mengupayakan tetap tersambung kepada Allah swt..

Termasuk aktifitas yang harus dilakukan dengan do'a adalah naik kendaraan. Dalam hal ini pesawat terbang merupakan kendraan. Naik benda ini merupakan tanda peradaban manusia maju.

Naik pesawat terbang bukan merupakan hal yang terlaru luar biasa saat ini. Tentu banyak juga orang yang sangat memimpikan untuk bisa naik pesawat. Dan dulu banyak orang yang mendambakan untuk terbang. Hingga di antara mereka menggunakan bacaan-bacaan mantra untuk melakukannya. Cerita-cerita rakyat banyak menyiarkan tentang ini.

Meskipun pada masa sekarang bukan hal yang terlalu luar biasa namun tetap saja tidak boleh dianggap enteng. Kemana pun dan naik apapun kita maka kita harus selalu mengharap keselamatan dari Allah swt. dalam perjalanan itu.
========================================================================
Adakah DO'A NAIK PESAWAT TERBANG? Bukankah pada zaman Nabi belum ada pesawat terbang? Sangat betul pada zaman Rasulullah saw. belum ada pesawat terbang. Namun bukan berarti tidak ada do'a yang bisa dibaca ketika kita naik pesawat.

Kita mengambil do'a dari Al-Qur'an dari dengan kaidah umum bahwa kita harus berdzikir dengan membasahi lisan kita dengannya, kapan pun, dan dimana pun, termasuk saat naik pesawat, di dalam pesawat, dan saat turun dari pesawat.

Maka dari sini pun kita mengqiyaskan pesawat dengan bahtera, kuda, dan kendaraan lain yang dipakai manusia dulu. Kemudian akan berlaku bab-bab lain sebagaimana yang ada pada fasal-fasal tentang safar. Seperti shalat safar, jama' dan Qashr, dan bacaan do'a-do'a safar, dan Do'a Pagi dan Petang.
=============================================================
Inilah Do'a Naik Pesawat terbang;

سُبْحانَ الَّذي سَخَّرَ لنا هذا وما كنا له مقرنين
وَإنَّا إلى رَبِّنا لَمُنْقَلِبُونَ
Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin
wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.
 
Segala puji hanya miliki Allah, Maha Suci Allah yang telah menjinakkan bagi kami kendaraan ini, padahal sebelumnya kami takkan mampu menguasainya, dan sungguh kami nanti akan pulang kembali kepada Tuhan kami
Selanjutnya kita bisa membaca do'a ini;
بِسْمِ اللَّهِ مجراها ومرساها إن ربّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ
Bismillaahi majreehaa wamursaahaa
Inna rabbii laghafuurur rahiim.
 
Dengan menyebut nama Allah saya berjalan dan berlayar sesungguhnya Tuhanku adalah Dzat yang maha

Kita juga boleh membaca do'a ini;

اللَّهُمَّ إنَّا نَسألُكَ فِي سفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنْ العَمَلِ ما تَرْضَى، اللَّهُمَّ هون عَلَيْنا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالخَلِيفَةُ في الأهل، اللَّهُمَّ إني أعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثاءِ السَّفَرِ، وكآبَةِ المَنْظَرِ، وَسُوءِ المُنْقَلَبِ في المَالِ والأهْلِ
Allhumma innii as-aluka fii safarinaa haadzaal birra wattaqwaa,waminal'amali maa tardhaa. 
Allaahumma hawwin 'alaina safaranaa haadzaa, wathwi 'annaa bu'dahuu. 
Allaahumma antas shaahibu fissafari walkhaliifatu fil-ahli. 
Allaahumma inni a-'uudzubika menwa'tsaa-issafari, waka-aabatil manzhari, 
wasuu-il munqalabi filmali wal-ahli. 
 
Ya Allah saya memohon kebaikan dan taqwa dalam perjalananku ini, dan keridoan dari yang aku kerjakan. Ya Allah ringkaskanlah jarak yang jauh baginya, dan ringankan lah perjalannya. Ya Allah Engkaulah yang membersamai dalam perjalanan dan pengganti di keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam perjalanan, buruknya pemandangan, buruknya tempat kembal dalam harta

Masih banyak do'a-do'a yang diajarkan oleh Rasulullah saw. saat naik kendaraan dan saat bepergian. Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada kitab-kitab karya para ulama. Kitab yang direkomendasikan adalah kitab Al-Adzkaar karya Imam An-Nawawi.

0 komentar:

Post a Comment