Home » » DOA NABI YUNUS UNTUK MEMINTA KESELAMATAN

DOA NABI YUNUS UNTUK MEMINTA KESELAMATAN

Do'a dan Dzikir 24 Jam - Rtikel ini dilansir untuk mencatat satu doa yang istimewa. Doa ini adalah doanya Nabi Yunus alaihissalam sebagaimana yang difirmankan Allah swt dalam Al-Qur'an.

Dari redaksinya dapat kita menyebut doa ini sebagai istighfar juga. Artinya doa ini berisi permohonan ampun atas kehilapan yang telah dilakukan. Dan dari kisah-kisah para Rasul kita mengetahui latar belakangnya.


Nabi Yunus begitu marah terhadap sikap kaumnya yang tidak menerima ajarannya. Maka sebelum Allah swt. memberikan keputusan apa yang harus dilakukan olehnya, Nabi Yunus 'alaihissalam sudah keburu pergi.

Dan di dalam perut ikan besar itu ia menyesali apa yang telah dilakukannya. Kesedihannya adalah karena ia telah melakukan kesalahan. Kesedihannya adalah karena ia telah berbuat yang tidak diperintahkan oleh Allah swt.. Maka ia mohon ampun kepadanya. Dengan permohonan ampun ia berharap akan diselamatkan oleh Allah swt.. Keselamatan Nabi Yunus as bisa berupa keluar dari perut ikan besar itu dan kesehatan serta kekuatannya pulih.

Maka dengan begitu banyaknya faedah doa ini, sangatlah dianjurkan bagi kaum muslimin untuk memperbanyak membaca doa ini dan doa-doa lainnya. Semua doa penting bagi kita. Doa-doa lain tentang Doa meminta keselamatan, dihilangkan kegelisahan, memohon kesembuhan, doa pagi dan petang, itu semua sangat penting.

Ia adalah doa memohon ampunan atau istigfar
Ia doa penghilang kesedihan 
ia doa penghancur kebingungan
Ia doa keselamatan
Ia doa dalam kegelapan
Ia doa pagi dan petang
Ia doa memohon kesembuhan 

Tanpa menunggu lama, inilah doa Nabi Yunus 'alaihissalam;

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim

Dalam doa ini ada beberapa hal yang sangat berharga, diantaranya

Pertama, dalam doa ini ada ikrar tauhid, pengakuan dan penerimaan sepenuh hati bahwa hanya Allah swt yang disembah di langit dan di bumi. Ia adalah Tuhan semesta alam dan hanya kepadanya tertuju semua doa dan pengharapan.

Kedua, menyucikan Allah swt. dari semua sifat kekurangan dan sifat-sifat yang tidak layak disematkan kepada Allah swt. seperti yang disematkan oleh orang-orang yang durhaka kepadanya. Apapun pujian kita kepada-Nya tetap saja itu tidak cukup dan allah swt telah mengajarkan bagaimana cara memuji kepada-Nya.

Ketiga, dalam doa ini ada  pengangkuan atas kezaliman yang dilakukan. Pengakuan ini secara tersirat mengandung permintaan ampunan kepada Allah swt. Pengakuan ini merupakan sikap merendahkan diri dihadapan allah swt..

Ibnu Taimiyah telah menjelaskan keistimewaan bacaan doa ini. Bahkan manusia yang paling dicintai Allah swt., yaitu Nabi Muhammad saw. telah menceritakan keistimewaannya dalam berbagai kesempatan.

Mari kita mengamalkan doa ini.

0 komentar:

Post a Comment