Home » » Do'a Nabi Musa Meminta Kelapangan Dada

Do'a Nabi Musa Meminta Kelapangan Dada

Do'a Nabi Musa Meminta Kelapangan Dada - Yang sedang merasa sesak dadanya oleh banyak permasalah mari membaca do'a yang diajarkan Allah dalam Al-Qur'an Surat Thaha. Do'a ini adalah do'a Nabi Isa yang diabadikan Allah swt..

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي
وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي
 وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي
يَفْقَهُوا قَوْلِي

Qaala rabbisy rahlii shadrii
wayassir lii amrii
wahlul 'uqdatam millisanii
yafqahuu qaulii

Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku.
Mudahkanlah urusanku.
Lepaskanlah ikatan pada lisanku.
Agar mereka memahami ucapanku.

Do'a Nabi Musa Meminta Kelapangan Dada
Do'a Nabi Musa Meminta Kelapangan Dada

Sempitnya hati bisa jadi karena kita kurang bertawakal kepada Allah. Artinya iman kita kepada-Nya berada dalam satu titik lemah. Bila saja hantaman permasalahan dan tekanan hidup dan kita tidak segera datang menghadap Allah swt membawa semua keluhan kita pada-Nya maka sudah dapat dipastikan pertahanan iman kita akan roboh.

Banyak hal yang bisa membuat hati terasa sempit. Lemahnya iman adalah yang utama. Kedua tidak sampainya pada yang diharapkan juga sering membuat putus asa. Misalnya berharap menikah dengan seseorang namun ternyata kenyataannya yang diharapkan malah mengharapkan orang lain. Bila begitu segera lah datang dalam shalat kita dan sabar.

Selanjutnya sempitnya dada itu sering kali karena kita kurang wawasan untuk menghadapinya. Bila persoalannya persoalan ilmu maka kita harus datang ke ahlinya jangan ke sembarang orang. Kita juga wajib mmbaca Al-Qur'an dan hadits, lalu membaca tulisan para ulama di dala buku-buku mereka. Karena cara pandang orag yang berilmu dengan yang tidak tentu sangat berbeda. Orang berilmu biasanya lebih lapang dada.

Kemudian bila sempitnya dada itu karena kejadian masa lalu atau masa depan maka serahkan semuanya kepada Allah swt.  


0 komentar:

Post a Comment