Home » » DOA MANDI WAJIB SETELAH HAID

DOA MANDI WAJIB SETELAH HAID

DOA MANDI WAJIB SETELAH HAID - Haid adalah fenomena alamiah yang ditetapkan Allah SWT khusus untuk bagi kaum Hawa. Ia tidak terjadi pada kaum Adam. Namun sama sekali adanya haid ini mengurangi kesempurnaan dan kemuliaan wanita. Islam mengajarkan bahwa wanita dan laki-laki adalah hamba Allah SWT yang memiliki tugas beribadah kepada Allah SWT.

Haid atau datang bulan terjadi satu bulan sekali. Ia bisa datang selama satu hari, enam hari, dan lima belas hari. Bila lebih dari itu berarti bukan darah haid namun ia adalah darah penyakit yang harus segera dikonsultasikan dengan dokter ahli untuk dilakukan tindakan yang tepat. 

الصورة من: أملي الجنة
DOA MANDI WAJIB SETELAH HAID

Ada juga yang bertanya, apakah saat haid dibolehkan membaca dzikir dan doa. Para ulama membolehkan membaca doa-doa dan dzikir-dzikir yang dibaca secara mutlak tidak terbatas waktu, dan ia tidak boleh meniatkan sebagai membaca Al-Qur'an, meskipun dzikir dan doa itu semuanya berasal dari Al-Qur'an. Adapun dzikir yang dibaca saat haid adalah seperti membaca tasbih, ahmid, takbir, tahlil, hauqalah, istigfar, istirja, dan sebagainya.

Selepas haid berhenti maka para wanita diwajibkan untuk mandi wajib setelahnya. Karena Haid termasuk hadats besar yang merupakan hal-hal yang mewajibkan mandi besar atau mandi wajib atau biasa disebut adus wajib. Ia dilakukan dengan niat, wudhu dulu, meratakan air ke seluruh tubuh di mulai dari kepala lalu ke bagaian badan sebelah kanan dan ke kiri hingga merata.

Ini adalah bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid
 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ مِنَ الْحَيْضِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA
Saya berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haid sebagai kewajiban, dengan ikhlas karena Allah SWT semata.

Adapun doa-doa yang dibacakan setelah mandi wajib dari haid adalah sebagai berikut;

PERTAMA
Membaca doa ini;

أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ اللَّه وحدَه لا شريكَ له، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّداً عبدُهُ وَرَسُولُهُ

ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHUU, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHUU WARASUULUHUU.
Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan Selain Allah, hanyalah Dia yang esa,tidak ada yang menyekutukan-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

KEDUA
Membaca doa ini;
اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَوَّابِينَ، واجْعَلْني مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

 
ALLAAHUMMAJ'ALNII MINATTAWWAABIINA, WAJ'ALNII MINAL MUTATHAHHIRIINA

Duhai Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang disucikan.

Dua doa ini merupakan doa yang luar biasa. Banyak yang sudah mendengar dan hapal doa ini. Ini adalah pengukuhan tauhid kepada Allah SWT. Dan yang kedua adalah doa yang sangat merendah. Kita bukan rang yang suci. Dan bukan orang satu-satunya yang bersuci. Namun kita adalah orang yang berupaya bertaubat dan bukan satu satunya orang bertaubat. KIta ingin disatukan oleh Allah SWT dengan mereka.

Masih ada lagi doa mandi wajib Setelah Haid yang boleh kita baca. Itu semua bisa didapatkan dalam kitab-kitab yang membahas ini. Yang direkomendasikan adalah kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi. Semoga ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment