Home » » DOA LAGI KESUSAHAN YANG MUSTAJAB

DOA LAGI KESUSAHAN YANG MUSTAJAB

Do’a dan Dzikir 24 Jam – Lagi susah terus berdoa, ini amalan yang sangat baik sekali. Kepada siapa lagi kita meminta sesuatu yang tidak dimiliki satu pihak pun di dunia ini. Sangat tepat bila lagi kesusahan langsung menghadapkan diri kepada Allah SWT.

Ada rumus dari Rasulullah SAW tentang ini;
“Kenalilah Allah SWT saat lapang, maka Allah SWT akan mengenalimu saat susah.”
Begitu rumusnya. Sebisa mungkin saat berada dalam kelapangan baik waktu maupun harta kita harus dekat dengan-Nya. Malahan saat dalam kondisi ini amalan harus ditingkatkan dan kewaspadaan perlu dikuatkan. Karena bisa jadi bila kita tidak memaknainya dengan sikap terbaik maka kenikmatan yang ada itu hilang sama sekali dalam hitungan sepersekian detik. 

الصورة من: أملي الجنة
DOA LAGI KESUSAHAN YANG MUSTAJAB

Rasulullah SAW juga bersabda dalam sabdanya yang lain;
“Siapa saja yang menghilangkan satu kesusahan dari seorang yang beriman diantara kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah SWT akan menghilangkan satu kesusahan baginya di antara kesusahan-kesusahan akhirat.”
Dalam hal amal perbuatan berlaku aturan Allah yang ada di dunia ini. Tebar-Tuai adalah di antara aturan itu. Bila seseorang menanam maka ia memetik. Bila ia belajar ia akan pandai. Begitu pula bila ia menghilangkan kesusahan orang maka ia juga akan dihilangkan kesusahannya.

Namun bila kita tidak demikian adanya, misalnya saat kita berada dalam keadaan kaya dan banyak uang dan harta kita lupa kepada Allah SWT, kita malah sibuk dengan orang-orang yang menurut kita punya andil dalam kesuksesa kita. Kita terus saja sibuk ke sana kemari menggunakan karunia Allah SWT itu dan kita tidak sadar siapa yang telah memberikan itu semua kepada kita.

Bila keadaannya demikian dan kini kita hendak berdoa kepada Allah SWT, lanjutkan saja, jangan khawatir, malu harus ada namun tidak boleh menghalangi dari berdoa. Memang manusia tidak punya kemampuan hanya saja ia merasa sok mampu dan kuasa. 

Adapun doa yang dibaca saat lagi kesusahan adalah doa Nabi Adam as, Doa Nabi Ibrahim, Do’a Nabi Ya’qub, Doa Nabi Yunus, dan tentu doa-doa yang dibacakan Nabi Muhammad SAW. Meskipun yang menjadi kesusahan yang dirasakan para Nabi pada umumnya adalah berkaitan dengan agama dan dakwahnya, namun tidak salah sama sekali bila kita pun mengucapkannya untuk kesusahan yang kita rasakan saat ini.

Inilah doa-doanya;

Doa Nabi Adam as.
 رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

Doa Nabi Ibrahim as
 حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Doa Nabi Ya’qub
 إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّهِ

Doa nabi Yunus as
لاَ إلهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ
Doa Nabi Muhammad SAW
اَللهُمَّ آتِنَا فِيْ الدُنْيَا حََنَةً وَفِيْ الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Itulah doa-doa penting yang bis dibaca saat lagi kesusahan. Semoga Allah SWT menghilangkan kesusahan kita dan member jalan untuk keluar dari hal tersebut . Amin

0 komentar:

Post a Comment