Home » » DOA LAGI JATUH CINTA ... ADAKAH DOANYA?

DOA LAGI JATUH CINTA ... ADAKAH DOANYA?

Do’a dan Dzikir 24 Jam – Ibnu Al-Qayim memiliki bahasan yang luas tentang cinta. Kita sangat perlu membaca tentangnya karena ini hal yang sangat penting. Cinta bertumbuh karena ada sebab yang membangkitkannya. Paling tidak ada 4 hal yang bisa membuat seorang jatuh cinta. Paras wajah, nasab, harta, dan agama.

Bila kita harus memilih tentu yang diutamakan adalah agamanya. Pasangan yang baik agamanya yang tercermin dalam akhlaq dan perilakunya akan menghiasi dan membuat indah bagian yang lainnya. Syuku-syukur bila terkumpul 4 hal tadi dalam satu diri. Namun tetap saja kebaikan agama adalah yang pertama.

Gambar: Illa Izza
DOA LAGI JATUH CINTA ... ADAKAH DOANYA?

Kenapa agama menjadi kriteria utama? Selain yang sudah diutarakan dalam catatan di atas, juga ada hal-hal lain yang sangat perlu diperhatika. Bila kita memilih yang rupawan maka itu tidak lama. Bila memilih yang berharta maka itu pun tidak ada jaminan untuk langgeng dalam keadaan berharta. Bila memilih yang berasal dari kalangan terhormat itu pun bukan jaminan bahagia. Sedangkan agama adalah bekal yang kekal yang akan membahagiakan pasangannya bahkan hingga nanti di akhirat.

Namun demikian terkadang jatuh cinta itu tidak berasal dari 4 hal itu tadi. Condongnya hati seperti langsung saja ada dalam hati. Itulah yang dikatakan sebagian orang. Namun keadaannya tidak seperti itu. Tetap saja sebenarnya ada hal yang membuatnya jatuh cinta.

Sebagai manusia yang ilmunya terbatas maka kita tidak banyak tahu misteri hidup ke depan dan salah satunya adalah tidak tahu isi hati dan baik-buruknya orang lain. Bahkan bukan hanya diri tidak tahu terhadap diri yang lain, hakikat dirinya pun sebenarnya tidak tahu.

Dengan demikian memohon petunjuk kepada Allah SWT terhadap perasaan jatuh cinta yang dirasakan itu sangatlah baik dan wajib hukumnya. Dalam doa kita sertakan permintaan bahwa apa yang terjadi pada dirinya dalam hal jatuh cinta berjalan baik dan berada dalam aturan. Termasuk dalam doa itu adalah permohonan bahwa ia mencintai seorang yang tepat untuk kebaikan agama, dunia, dan akhiratnya.

Sebaiknya kita memohon kepada Allah SWT kebaikan ini semua dan kita memohon petunjuknya. Lantunkanlah doa sapu jagad ini. Ia berisi permohonan kebaikan yang ada di sisi Allah SWT, bukan hanya soal jatuh cinta namun semua persoalan di dunia dan akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA ATINAA FIDDUN-YAA HASANAH
WAFIL-AAKHIRATI HASANAH
WAQINAA ‘ADZAABANNAAR

Duhai Tuhan kami berikanlah kepada kami kebaikan di dunia
Dan kebaikan di akhirat
Dan peliharalah kami dari siksa neraka

Rasulullah SAW mengajarkan doa yang sangat indah berkaitan dengan cinta. Kita bisa membacanya saat lagi jatuh cinta agar cinta kita jatuh kepada orang yang tepat dan dengan cara yang tepat. Dan bila yang kita cintai itu malah berbahaya bagi agama dan diri kita maka Allah SWT akan memberikan petunjuk untuk mendapatkan orang yang tepat.

Ini dia doa Rasulullah SAW;

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالعَمَلَ الَّذِيْ يُبَلِّغُنِيْ حُبَّكَ. اَللّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَّفْسِيْ وَأَهْلِيْ وَمِنَ الْمَاءِ الْبَارِدِ

ALLAAHUMMA INNII AS-ALUKA HUBBAKA WAHUBBA MAN YUHIBBUKA WAL ‘AMALALLADZII YUBALLIGHUNII HUBBAKA. ALLAAHUMMAJ’AL HUBBAKA AHABBA ILAYYA MINNAFSII WA AHLII WAMINAL MAA-IL BAARID

Duhai Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu cinta-Mu dan cinta orang yang mencintai-Mu dan amal yang menyampaikanku meraih cinta-Mu, Duhai Allah jadikanlah cinta kepada-Mu lebih aku cintai dari diriku sendiri dan keluargaku dan dari air yang dingin.

Demikian yang bisa kita amalkan. Semoga kita selalu mendapatkan bimbingan Allah SWT. Amin.

0 komentar:

Post a Comment