Home » » DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN UNTUK ORANG TUA

DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN UNTUK ORANG TUA

DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN - Do'a bagaikan oksigen dalam hidup kita. Tanpanya kita adalah mayat tidak berati lagi. Seperti yang disebutkan nabi bahwa hati yang tidak berzikir adalah hati yang mati. Dan rumah yang tidak ada dzikir dan do'a di dalamnya adalah rumah yang paling disenangi syaitan dan kawan-kawannya.

Ada orang yang berkata bahwa beda antara orang dulu dan orang zaman sekarang adalah orang dulu dikala hidupnya lapang maka ia akan membuat tuhan-tuhan baru. Sedangkan bila hidupnya susah maka ia akan menyembah satu tuhan saja.

Sedangkan manusia pada zaman sekarang ia akan menyekutukan tuhan di kala ia senang dan susah. Saat senang ia menuhankan diri dan hawa nafsunya. Sedangkan bila ia melarat ia mendatangi dukun-dukun dan berhala lainnya.

Bahasa dalam alinea di atas mungkin terlalu berlebihan. Namun kami mengingatkan kepada diri sendiri atas keburukan diri ini. SEmoga ada yang mengambil hikmah dari yang ada di sini.

DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN  UNTUK ORANG TUA
DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN  UNTUK ORANG TUA

================================================================

Do'a adalah aktifitas yang tidak boleh berhenti. Jangan pernah sesaat pun kita terputus hubungan dari Allah swt.. Kita harus berjuang mendekat kepada Allah swt dengan terus memanggil-Nya. Kita selalu melibatkan diri-Nya dalam setiap apa yang akan dan sedang serta telah kita perbuat.

================================================================

Do'a anak shalih dalam Al-Qur'an sangat melimpah. Dan kita boleh mengambil semuanya. Kita amalkan semuanya jangan tanggung-tanggung. Al-Qur'an telah begitu lengkap memberikan ajaran tentang DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN KEPADA ORANG TUA.

Al-Qur'a adalah pedoman bagi kita untuk beribadah kepada Allah swt.. Do'a sebagai ibadah yang paling inti tentu juga sudah dijelaskan Allah swt di dalam Al-Qur'an. Di antaranya ada do'a orang-orang shalih di masa lalu.

================================================================
Memilki anak soleh merupakan dambaan. Siapa yang telah dianugerahi anak yang soleh maka ia benar-benar beruntung dalam dunia dan akhiratnya. Ia merupakan simpanan yang paling istimewa, dan tabungan yang tersimpan rapi.

Orang-orang shalih yang berdo'a untuk orang tuanya seperti yang diabadikan Al-Qur'an ada yang dipilih Allah sebagai nabi atau rasul. Dan ada juga mereka yang bukan nabi dan rasul. Kita sangat perlu berdo'a seperti yang dilantunkan oleh mereka. Karena keutamaan yang mengucapkan dan isi do'a yang diucapkannya hingga Allah swt. berkenan mengabadikannya dalam Al-Qur'an.

Inilah DO'A ANAK SOLEH DALAM ALQUR'AN KEPADA ORANG TUA yang ada dalam Al-Qur'an;

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا 
 Ya Tuhanku ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa saja yang masuk ke rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, dan janganlah engkau tambahkan bagi orang-orang zhalim kecuali kehinaan.
Do'a ini adalah do'a yang dibacakan oleh Nabi Nuh 'alaihissalam. Do'a ini tercantum pada Surat Nuh [71] ayat ke (28). Kita sebisa mungkin harus mengamalkannya.
 
رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
Ya Tuhan kami, ampunilah aku, ibu dan bapakku, dan sekalian orang-orang yang beriman pada hari terjadinya hisab.
Do'a ini adalah salah satu do'a Nabi Ibrahim 'alaihissalam. Bacaan do'anya ada di Surat Ibrahim [14] ayat ke (40). Sangat baik untuk didawamkan dengan penuh komitmen. 
رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ
Ya Tuhanku selamatkanlah aku dan keluargaku dari perbuatan jahat yang mereka lakuakan.
Ini adalah salah satu do'a Nabi Luth 'alaihissalam. Kata wa ahlii dalam do'a tersebut bisa mencakup ayah bunda, anak, dan isteri. Do'a ini bisa kita baca dalam Al-Qur'an Surat Assyu'ara [26] Ayat (169) 
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ
Ya Allah Berilah aku ilham agar dapat mensyukuri nikmay-Mu yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan ibu bapakku, dan untuk tetap mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.
Do'a yang sangat luar biasa ini dilantnkan oleh seorang Nabi yang kaya raya dan shalih. Ia adalah Nabi Sulaiman alaihissalam. Do'a ini dapat kita baca dalam Al-Qur'an Surat An-Naml [27] Ayat (19). Sangat baik bila dibiasakan membacanya. 

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ 
رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Ya Tuhan Kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu dan peliharalah mereka dari siksa neraka Jahim.
Ya Tuhanku masukanlah mereka ke dalam surha 'adn yang telah engkau janjikan kepada mereka, dan orang-orang shalih di anatara nenek-moyang mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua,  sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
Dan peliharalah mereka dari keburukan. Barang siapa yang Engkau jaga dari keburukan pada hari itu sungguh telah engkau anugerahkan rahmat  kepadanya, dan itulah kemenangan yang besar.
Do'a yang sangat panjang ini adalah do'a para malaikat yang mendo'akan orang-orang beriman dan beramal shalih. Sangat baik bila kita membacakan do'a ini. Bacaan do'a ini ada dalam Al-Qur'an Surat Al-Mu'min [40] Ayat (7-9).
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
 Ya Tuhanku Berilah aku ilham agar dapat mensyukuri nikmay-Mu yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan ibu bapakku, dan untuk tetap mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, Perbaikilah aku dan keturunanku, aku bertaubat kepada-Mu, dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Do'a ini adalah do'a anak shalih yang mendo'akan dirinya, ibu bapaknya, dan keturunannya. Sangat baik untuk terus dibaca secara kontinyu. Bacaan do'a ini ada pada al-Qur'an Surat Al-ahqaf [46]Ayat (15).
رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
 Ya Tuhanku, sayangilah mereka berdua seperti mereka mendidikku saat aku masih kecil.
Do'a ini sangat luar biasa. Singkat tapi sangta mengesankan. Sambil kita menghapalkan dan terus membaca do'a-do'a yang panjang itu tadi kita juga berupaya terus tidak malas berdo'a dengan menggunakan redaksi bacaan do'a ini. Do'a di atas ada dalam Al-Qur.an Surat Al-Isra [17] Ayat ke (24).

0 komentar:

Post a Comment