Home » » DOA AGAR LEKA SEMBUH DARI SAKIT

DOA AGAR LEKA SEMBUH DARI SAKIT

Doa agar lekas sembuh banyak sekali diajarkan oleh Rasulullah SAW, baik saat ia sakit atau saat menengok sahabatnya yang sakit. Selain itu Rasulullah SAW juga menyetujui bacaan doa yang dibacakan para sahabatnya saat mendoakan orang yang sakit.

Agar lebih jelas mengenai doa lekas sembuh ini lebih baik kita menyimak sabda Rasulullah SAW yang ada dalam riwayat hadits berikut ini;

روينا في " صحيحي البخاري ومسلم " عن عائشة رضي الله عنها " أنَّ رسول الله صلى الله عليه وسلم كان إذا أوى إلى فراشه جمع كفّيه ثم نفث فيهما، فقرأ فيها: (قُلْ هُوَ اللَّهُ أحَدٌ) و (قُلْ أعُوذُ بِرَبّ الفَلَقِ) و (قُلْ أعُوذُ بِرَبّ النَّاس) ثم يمسحُ بهما ما استطاع من جسده، يبدأ بهما على رأسه ووجهه وما أقبل من جسده، يفعلُ ذلك ثلاثَ مرّاتٍ، قالت عائشة: فلما اشتكى كان يأمرني أن أفعل ذلك به ".


Artinya:

Kami meriwayatkan hadits dalam kita Imam Bukhari dan Muslim, dari Aisyah RA. bahwa apabila Rasulullah SAW hendak menuju ke peraduannya maka beliau merapatkan kedua telapak tangannya, kemudian ia meniup keduanya sambil membaca QULHUWALLAHU AHAD, dan QUL A'UDZUBIRABBIL FALAQ, dan QUL A'UUDZUBIRABBINNAAS, kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tersebut ke setiap bagian badan yang terjangkau olehnya, beliau mulai melakukannya dari kepala dan wajahnya kemudian bagian depan tubuhnya, beliau melakukan itu sebanyak tiga kali. Siti Aisyah berkata: Apabila beliau mengeluh sakit maka beliau menyuruhku untuk melakukan hal tersebut.

الصورة من: أملي الجنة
DOA AGAR LEKA SEMBUH DARI SAKIT

Dalam riwayat yang lain dijelaskan pula doa agar lekas sembuh yang dibacakan Rasulullah SAW saat menjenguk orang yang lagi sakit. Beliau suka membaca doa berikut ini;

Dalam riwayat yang lain dijelaskan pula doa agar lekas sembuh yang dibacakan Rasulullah saat menjenguk orang yang lagi sakit. Beliau suka membaca doa berikut ini;
  

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أذْهِبِ البأسَ، اشْفِ أنْتَ الشَّافِي، لا شِفاءَ إِلاَّ شِفاؤُكَ شِفاءً لا يغادر سقما

Artinya,

Duhai Allah Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah, Engkaulah yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan bekas sama sekali.

Masih banyak lagi doa lekas sembuh yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW. Kita bisa mendapatkannya dari para ulama dan guru. Kitab yang bisa dibaca dalam hal ini adalah Kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi.

0 komentar:

Post a Comment