Home » » Do'a Setelah Shalat Fajar Berdasarkan Hadits

Do'a Setelah Shalat Fajar Berdasarkan Hadits

Do'a Setelah Shalat Fajar Berdasarkan Hadits

Bismillahirrahmanirrahim...
Dengan bahagia saya akan mencatat  hasil pengajian kami terhadap kitab Al-Adzkar karya seorang cendikiawan muslim yang sangat mulia. Dialah Imam An-Nawawi dari kota Damaskus, Suriah.

Dalam kitab tersebut dicatat keterangan mengenai do'a yang dibaca oleh Nabi Muhammad saw.. sesaat setelah melaksanakan Shalat Sunah Fajar.

Sebelumnya perlu dikemukakan bahwa yang dimaksud shalat sunat fajar adalah shalat sebelum shalat fardhu shubuh. Maka dengan ini dipahami bahwa shalat sunah fajar termasuk shalat sunah rawatib.


 

Kesimpulan di atas adalah kesan langsung yang dapat ditangkap dari judul yang diberikan oleh imam Nawawi untuk masalah ini. Beliau menulis judul bahasan ini dengan kalimat:

بَابُ مَا يَقُوْلُ بَعْدَ رَكْْعَتَيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ
Babu maa yaqulu ba'da rak'atai sunnatas shubhi

Kalimat pada judul di atas berarti: Ini adalah bab yang menghimpun penjelasan tentang apa yang harus dibaca setelah melaksanakan shalat sunnah shubuh.

Kesimpulan: Yang dimaksud dengan shalat sunah fajar adalah shalat sunah qabla shubuh.

Inilah beberapa keterangan mengenai hal ini.
Pertama:

وَرَوَيْنَا فِيْ كِتَابِ ابْنِ السُّنِّي عَنْ أَبْيْ الْمَلِيْحِ وَاسْمُهُ  عَامِرُ ابْنُ أُسَامَةَ عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ صَلَّى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ وَأَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى قَرِيْبًَا مِنْهُ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ  ثُمَّ سَمِعَهُ يَقُوْلُ وَهُوَ جَالِسٌ أللّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ 
Kami meriwayatkan hadits dari kitab Ibn Sunni dari Abul Malih yang bernama 'Amir bin Usamah dari ayahnya Radhiallahu 'anhu: Bahwa ia shalat fajar dua raka'at dan Rasulullah saw.. shalat tidak jauh darinya, dua rakaat yang ringan. Kemudia ia mendengar Rasulullah membaca:
للّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ
sambil duduk sebanyak 3 kali 

Kedua:
وَرَوَيْنَا فِيْهِ عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قاَلَ مَنْ قَالَ صَبِيْحَةَ يَوْمِ الْجُمُعَةِ قَبْلَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لاَ إِلهَ إلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ غَفَرَ اللهُ تَعَالَى  ذُنُوْبَهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ  
Kami meriwayatkan hadits dari kitab Ibnu Sunni dari Rasulullah saw.. beliau bersabda: "barang siapa membaca أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لاَ إِلهَ إلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ pada jum'at shubuh sebelum melaksanakan shalat shubuh tiga kali, Maka Allah SWT. akan mengampuni dosa-dosanya meskipun dosanya bagaikan buih lautan.

Kita sebagai muslim yang sangat yakin dengan tuntunan Nabi Muhammad saw.. seharusnya memperhatikan ini. Kita harus membaca do'a doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw.. ini.

Do'a yang pertam adalah permohonan yang mengandung pengakuan dan pujian kita kepada Allah. Ia adalah Tuhan yang maha mengatur, mengurus, dan mendidik. Kemudia do'a ini dirangkai dengan mohon perlindungan dari neraka.

Do'a ini bisa disebut do'a selamat atau do'a munjiat. Dengan berdo'a seperti do'a ini kita berharap termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Di antara orang yang beruntung adalah yang dijauhkan Allah dari neraka. Seperti dalam firman-Nya:
فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ فَقَدْ فَاز
Barang siapa yang dijauhkan dari neraka sesungguhnya ia adalah orang yang beruntung.

Do'a yang kedua berisi permohonan ampunan kepada Allah. Dengan membaca do'a ini bahkan kita sudah dijanjikan dengan pahala yang besar. Apa itu? seperti yang telah dipahami dari hadits di atas adalah diampuni dosa-dosa yang banyaknya bagaikan buih di lautan.

Do'a ini merupakan pintu rezki yang terbuka lebar. Istighfar adalah amal yang diridhai Allah. Dengan izin-Nya ia akan memberkati orang-orang yang beristigfar dan Ia akan menurunkan rizki yang banyak seperti yang dijanjikannya.

So... mari berdo'a !!!  
 


0 komentar:

Post a Comment