Home » » Do'a Selamat Ulang Tahun

Do'a Selamat Ulang Tahun

Sebenarnya kalau dari sisi bahasa setiap orang akan bertambah jumlah usianya dan berkurang jatah hidupnya. Bila ia hidup bertambah umur satu tahun maka hari kelahirannya berulang satu tahun.

Dalam hal ini maka secara logika setiap orang berulang tahun bila ia hidup pada hari dan tanggal yang sama di tahun berikutnya setelah ia menghirup nafas di dunia. entu hari itu merupakan hari yang sangat membahagiakan.

Baca Juga:
 
Do'a Selamat Ulang Tahun
Do'a Selamat Ulang Tahun

Kelahiran ke dunia memang harus disyukuri. Tanda syukur bisa dengan berdo'a, atau bershadaqah, dan memberikan kemanfaatan bagi orang-orang sekitar. Saat itu bayi menangis sementara orang-orang yang menyaksikannya tersenyum dan tertawa bahagia atas kelahirannya.

Kemudian dalam hal perayaan hari ulang tahun sesungguhnya para ulama berbeda pendapat. Ada yang membolehkan dan ada yang tidak memperbolehkan. Maka bagi yang tidak memperbolehkan otomatis tidak akan ada yang namanya do'a selamat ulang tahu.

SEmentara bagi yang memperbolehkan merayakan hari kelahiran tentu mereka akan menyusun redaksi yang bermacam-macam. Meeka berdalil dengan ayat Al-qur;an di Surat Maryam. Ayat itu mengabarkan tentang do'a Nabi Isa yang mengatakan bahwa Allah memberkati beliau di hari kelahirannya hidup di dunia.

Namun para ulama yang memperbolehkan merayakan ulang tahun membantah bahwa kalaupun itu dipaksakan sebagai dalil kebolehan merayakan ulang tahun maka itu adalah syar'u man qablana atau syari'at orang zaman dahulu.

Kemudian ulama yang membolehkan maka mereka berdalil dengan kebiasaan Nabi Muhammad yang selalu berpuasa Senin-kamis sebagai syukur atas kelahirannya pada hari Senin.

Ulama yang tidak memperbolehkan berulang tahun pun engajukan bantahan, bahwa puasa Senin Kamis itu bukan karena Nabi lahir di hari Senin. Kalau begitu kenapa nabi berpuasa juga pada hari Kamis? Padahal Nabi tidak dilahirkan pada hari Kamis.

Dalam kebiasaan orang-orang shalih ada satu amalan yang selalu dilakukan yaitu muhasabah. Setiap saat mereka melakukan perhitungan mal dan penghakiman kepada dirinya sendiri. Bila amalnya meningkat maka mereka akan bertambah giat dan tawadhu'nya. Dan bila kurang maka mereka tidak segan-segan menghadiahkan pada dirinya sendiri disiplin ketat untuk mendidiknya.

Perayaan yang dilakukan untuk mensyukuri ni;mat hidup tentunya boleh selama tidak melanggar ajaran agama. Caranya adalah dengan muhasabah, bersyukur, bersedekah, dan mengadakan acara syukuran di rumah dengan menyajikan makanan atau hidangan.

Maka bagi yang datang mendo'akan bukan karena ia berulang tahun tapi berdo'a dengan do'a-do'a memohon kebaikan kepada tuan ruamh. tidak boleh sama sekali meniup lilin, berjoged dan menghidangkan musik yang munkar serta hidangan yang haram.

Terima kasi semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment