Home » » Do'a Selamat Menikah yang Benar Sesuai Sunnah

Do'a Selamat Menikah yang Benar Sesuai Sunnah

Do'a Selamat Menikah yang Benar Sesuai Sunnah - Menikah adalah moment yang paling berbahagia dalam fase kehidupan manusia. Saat inilah niat kembali dimurnikan dan dikokohkan. Pernikahan adalah gerbang besar menuju ke arah keshalihan dan keteraturan dalam hidup.

Pernikahan adalah kebahagiaan bagi dua keluarga. Rasulullah saw menganjurkan untuk mengadakan walimah atau perhelatan walaupun haanya memotong seekor kambing dan beliau memperbolehkan untuk menabuh tabuhan dan dengan MC yang memimpin acara dan menyambut tamu.

Baca Juga: 

Do'a Selamat Menikah yang Benar Sesuai Sunnah

Karena ini merupakan moment kebahagiaan maka yang datang dianjurkan untuk mengucapkan selamat dan mendo'akan kedua mempelai dengan do'a yang terbaik sesuai tuntunan Rasulullah saw.

Lalu do'a apa yang terbaik untuk moment pernikahan ini. Sabar dulu... coba anda simak lagu dari Al-Manar berikut ini;

مَرْحَبًا أَهْلاً وَسَهْلاً لِلْعَرُوْسَيْنِ
بَارَكَ اللهُ لَكَ بَارَكَ اللهُ عَلَيْكَ
بِالرّفَاعِ وَالسَّلاَم

بِالرّفَاعِ وَالْبَنشيْنَ وَالسَّلاَم
بِالْهَنَا وَالْوِفَافِ وَالْوِئَامِ
بِالرَّخَا والنَّمأءِ كُلَّ عَامِ
بَارَكَ اللهُ لَكَ دَائِمًا فِيْ عِيْدِ السَّلاَمِ

Nah, dalam lirik itu ada sebagian kalimat yang biasa diucapkan orang yang menghadiri walimah pernikahan. Mereka sering bilang "semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah dan cepat mendapatkan momongan ..."

Nah ucapan yang seperti ini juga dikatakan oleh orang-orang pada zaman Rasulullah saw, termasuk dalam hal ini adalah para Sahabat Rasulullah saw.,

Dalam satu riwayat disebutkan berikut ini;
Dari Al-Hasan, bahwa Aqil bin Abi Thalib nikah dengan seorang wanita dari Jasyam. Para tamu mengucapkan selamat dengan ucapan jahiliyah : ‘Birafa’ Wal Banin’ (semoga mempelai murah rezeki dan banyak anak).‘ Aqil bin Abi Thalib melarang mereka seraya berkata : “Janganlah kalian ucapkan demikian ! Karena Rasulullah SAW melarang ucapan yang demikian”. Para tamu bertanya :”Lalu apa yang harus kami ucapkan, wahai Abu Zaid ?”. Aqil menjelaskan : “Ucapkanlah : Barakallahu lakum wa Baraka ‘Alaiykum” (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlah ucapan yang diperintahkan Rasulullah SAW”. (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).  

Kemudian dalam hadits yang lain diterangkan juga, berikut ini;
Do’a yang lainnya sebagai ucapan yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan kepada seorang mempelai yaitu : “Baarakallahu laka wa baarakaa ‘alaiyka wa jama’a baiynakumaa fii khoir”. Doa ini berdasarkan dari hadits shahih yang telah diriwayatkan Abu Hurairah.
Dari Abu hurairah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mengucapkan selamat kepada seorang mempelai, beliau mengucapkan doa : Baarakallahu laka wabaraka ‘alaiyka wa jama’a baiynakuma fii khoir (mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu dan mudah-mudahan Dia mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan). (Hadits Shahih Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Darimi 2:134, Hakim, Ibnu Majah dan Baihaqi).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf ketika beliau diberitahukan mengenai pernikahan yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf dengan ucapan pernikahan Baarakallahu laka (Semoga Allah memberikan keberkahan).
  
Dari keterangan yang banyak itu dapatlah disimpulkan bahwa do'a terbaik untuk pengantin adalah dengan mengucapkan;

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Semoga ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjalankan seperti yang diajarkan Rasulullah saw..   

0 komentar:

Post a Comment